Rabu, 19 Januari 2022

Kualitas Karet di Sarolangun Harus Meningkat

Kamis, 14 Desember 2017 | 22:24:49 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SAROLANGUN - Petani karet di Kabupaten Sarolangun diminta untuk meningkatkan mutu atau kualitas karet sadapannya. Sbab ini berkaitan dengan harga penjualan di tingkat Provinsi Jambi. Dengan kondisi kualitas saat ini membuat rendahnya harga penjualan dan sulit diterima oleh pabrik yang bergerak di bidang pengolahan karet.

Kholidi, Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sarolangun, didampingi Kabid Perdangan Hartini, mengatakan bahwa untuk saat ini harga komoditi karet di tingkat tengkulak bervariasi, dari harga 5,500 hingga Rp 7 ribu, tergantung kulitas karet itu sendiri.

“Kita sering mengimbau pada petani untuk menjaga mutu karet yang disadap, karena jika kualitasnya tinggi bisa di atas harga standar atau diatas tujuh ribu rupiah perkilogram,” ujar Kholidi usai membuka acara sosialisasi Permendag nomor 54 tahun 2016 tentang pengawasan mutu bahan olah karet spesifikasi teknis yang diperdagangkan, Kamis (14/12).
 
Diakui Kholidi, Kabupaten Sarolangun merupakan salah satu daerah yang kaya akan perkebunan karet. Tapi sayangnya masih ditemukan adanya perilaku petani yang kurang kooperatif ataupun tidak mementingkan kualitasnya namun lebih mengarah pada kuantitas.
 
“Kita juga menemukan adanya karet yang dicampur pasir, kulit kayu dan batu termasuk plastik,” ujarnya.
 
Oleh karena itu Kholidi kembali mengimbau pada petani karet untuk mulai merubah perilaku yang tidak baik tersebut, dengan mementingkan kualitas, sebab dengan kualitas karet yang bagus bisa meningkatkan kesejahteraan para petani itu sendiri.
 
“Saya rasa percuma saja timbangannya banyak namun dihargai sangat murah, lebih baik sedikit tapi harga menggairahkan,” katanya.
 
Terpisah, salah satu pengusaha karet ternama di Kabupaten Sarolangun, Hurmin, sangat sepaham dengan arahan dari Dinas Perdagangan Kabupaten Sarolangun.
 
”Bagi kami bukan hal yang sulit untuk membuat karet bersih, jika dimbangi dengan harga yang menggiurkan,” ucap politisi muda yang juga menduduki DPRD Sarolangun dua periode tersebut.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments