Jumat, 27 Mei 2022

Gubernur Zola akan Diarak Menggunakan Kapal Kajanglako

Jumat, 15 Desember 2017 | 22:22:08 WIB


Gubernur Jambi Zumi Zola
Gubernur Jambi Zumi Zola / metrojambi.com

JAMBI - Minggu (17/12/2017) lusa, Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli akan mendapatkan gelar adat dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi. Gelar adat ini diberikan karena Zumi Zola saat ini menjadi pemimpin Provinsi Jambi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M. Dianto mengatakan, prosesi pemberian gelar adat sudah disiapkan. Nantinya, prosesi akan dilakukan dengan nuansa kental adat Melayu Jambi, dan juga akan ada tamu-tamu penting dari ibukota untuk menghadiri prosesi tersebut.

“Rencana ada Mendagri. Kemudian ada Menteri Pariwisata. Tapi untuk kepastiannya belum tahu, kita akan konfirmasi lagi  ke Jakarta,” kata Dianto, Jumat (15/12/2017).

Pemberian gelar adat ini merupakan suatu penghormatan dari LAM kepada sang pemimpin. Siapa saja yang terpilih menjadi Gubernur, akan mendapatkan gelar adat. Sebab Gubernur berperan sebagai pembina dan pemangku adat.

Menurut Dianto, acara budaya ini perlu dilestarikan dan dikembangkan. Pada hari H nanti, akan ada berbagai acara yang bisa disaksikan oleh masyarakat, seperti pawai dan arak-arakan Gubernur.

Arak-arakan akan dimulai dari rumah dinas Gubernur Jambi, dimana Zumi Zola dan istri akan diarak menggunakan kapal hias Kajanglako. Kemudian di belakangnya ada 11 mobil hias dari masing-masing kabupaten/kota.

“Mobil hias ini menampilkan ciri khas dari kabupaten kota tersebut,” kata Dianto.

Ditanyakan apa gelar adat yang akan diberikan kepada Gubernur Jambi, Dianto mengatakan belum bisa dipublikasikan. Karena gelar adat akan langsung diberi tahu pada saat prosesi Minggu mendatang.

"Itu pas acara baru dikasih tau, gelarnya apa. Setiap Gubernur Jambi selalu mendapatkan gelar adat dari LAM," tandasnya.


Penulis: Sharly
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments