Selasa, 30 November 2021

SMK Pelita Raya Lakukan Field Trip

Kunjungi Berbagai Tempat

Kamis, 14 Desember 2017 | 11:43:10 WIB


Siswa-Siswi SMK Pelita Raya mengikuti melakukan pembelajaran di luar sekolah
Siswa-Siswi SMK Pelita Raya mengikuti melakukan pembelajaran di luar sekolah / Jainal Abidin

JAMBI - SMK Pelita Raya Kota Jambi, Rabu (13/12) kemarin, melakukan pembelajaran di luar sekolah atau field trip, dengan mengunjungi berbagai tempat, seperti Museum Siginjai dan Museum Perjuangan Kota Jambi, kantor penyiaran TVRI Jambi dan Hutan Pinus Pall X Kota Jambi.

Kepala SMK Pelita Raya, Muradi mengatakan, kegiatan field trip merupakan acara rutin yang dilakukan sekolah setiap semesternya, dengan mengunjungi berbagai tempat yang bisa dijadikan bahan edukasi bagi siswa-siswinya.

"Kali ini kita mengunjungi Museum Siginjai dan Museum Perjuangan, Kantor TVRI Jambi dan Hutan Pinus. Dalam kegiatan ini, siswa kita bagi beberapa kelompok, dan nanti semua siswa akan berkumpul di Hutan Pinus jam 15.00 Wib," jelasnya.

Menurut Muradi, kegiatan ini bertujuan menambah wawasan siswa, dengan mengetahui tempat yang dikunjungi, dan belajar secara langsung melalui pengurus atau pengelolanya, sesuai jurusan masing- masing sebanyak 415 orang.

"Untuk jurusan multimedia bisa belajar broadcasting atau penyiaran di TVRI, begitu pula jurusan akuntansi," ungkapnya. Dirinya menyebutkan dalam kunjungan, siswa mengamati dan mencatat apa yang dilihat, dan dengar dari penjelasan pengelola museum atau pegawai TVRI, dan dapat memberikan pertanyaan.

"Nanti mereka disuruh menyimpulkan hasil kunjungan sesuai prodi masing- masing," sebutnya. “Mereka juga diajak nobar di museum, untuk mengetahui tentang sejarah dan peninggalan Jambi tempo dulu," sambung Muradi.

Diakuinya, kegiatan ini mendapat respon positif sebab siswa antusias dan rasa ingin tahu mengenai sejarah, broadcasting dan lain sebagainnya.

Ia berharap, dengan kegiatan field trip ini, wawasan siswa kian bertambah dan memahami apa yang dilihat dari tempat-tempat yang dikunjungi, dan menjadi bekal ketika dewasa nantinya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments