Jumat, 24 September 2021

Disdik Kota Jambi Beri Penghargaan Siswa, Guru dan Kepsek Berprestasi

Sekaligus Bantuan Beasiswa serta Perlengkapan Siswa Kurang Mampu

Senin, 18 Desember 2017 | 11:16:28 WIB


Sekda dan Kadisdik Kota Jambi foto bersama usai menyerahkan penghargaan pada sejumlah siswa Kota Jambi yang berprestasi di tingkat nasional 2017.
Sekda dan Kadisdik Kota Jambi foto bersama usai menyerahkan penghargaan pada sejumlah siswa Kota Jambi yang berprestasi di tingkat nasional 2017. / Jainal Abidin

JAMBI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi, Sabtu (16/12) lalu memberikan penghargaan kepada siswa, baik siswa SD maupun SMP, guru, dan kepala sekolah di Kota Jambi yang berprestasi tingkat nasional.

Selain itu, Disdik juga memberikan bantuan beasiswa dan perlengkapan kepada siswa kurang mampu, berupa alat- alat sekolah, seperti seragam, ATS dan sepatu.

Pemberian bantuan ini merupakan program Pemerintah Kota Jambi, melalui Disdik Kota Jambi sebagai kontribusi dan dukungan untuk sekolah, program sekolah gratis, yang diberikan secara simbolis di dua tempat.

Pertama di hall Disdik Kota Jambi yang dihadiri Sekda Kota Jambi mewakili Walikota Jambi, UPTD, pengawas, sekolah dan orangtua kemudian di rumah Dinas Walikota Jambi.

Sekda Kota Jambi, Ir H Budidaya M For SC, dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya mengapresiasi siswa yang telah membawa nama baik Kota Jambi ke tingkat nasional.

Menurutnya untuk prestasi akademik banyak ditorehkan siswa dari sekolah swasta. “Sementara untuk non akademik banyak dari sekolah negeri," sebutnya.

Ia berpesan, para guru untuk selalu mengindentifikasi siswa yang memiliki bakat. Baik bakat prestasi akademik maupun non akademik dan didampingi perkembangan siswa tersebut. “Siswa tersebut harus diberi  pelatihan secara rutin oleh guru di bidangnya," katanya.

Selain itu, ungkap Budidaya, peran orangtua juga sangat dibutuhkan untuk mensupport prestasi anaknya, dengan memberikan perhatian lebih. "Pemkot Jambi dan dinas pendidikan akan memberi dukungan terkait ini," paparnya.

Begitu pula dengan siswa yang kurang mampu, tanggung jawab pemerintah untuk menjamin pendidikan siswa ini agar pendidikannya terjamin.
Dikatakan Budidaya, Pemkot Jambi bukan hanya fokus dalam pembangunan infrastruktur, tetapi pendidikan dan kesehatan juga jadi prioritas kemajuan di Kota Jambi.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Jambi, Arman SE ME menambahkan, penghargaan ini diberikan kepada siswa, guru dan kepala sekolah di Kota Jambi yang selama tahun 2017 meraih prestasi pada kejuaraan tingkat nasional.

"Prestasi tingkat SD ada siswa 35 yang berprestasi, guru 1 orang, dan kepala sekolah 2 orang. Sedangkan tingkat SMP ada 33 orang siswa dan guru 1 orang," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan bagi siswa kurang mampu dari program pemerintah daerah dalam rangka sekolah gratis berupa perangkat kebutuhan sekolah untuk 288 siswa SD dan 324 siswa SMP. “Bantuan itu berupa tas ransel, baju nasional, baju pramuka, sepatu dan alat tulis," paparnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments