Selasa, 30 November 2021

Angka Laka Lantas yang Menimbulkan Korban Jiwa di Merangin Masih Tinggi, Ini Buktinya

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:57:29 WIB


Salah satu peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Kabupaten Merangin
Salah satu peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Kabupaten Merangin / dok.metrojambi.com

BANGKO – Angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang menimbulkan korban jiwa di Kabupaten Merangin masih cukup tinggi. Buktinya, berdasarkan catatan pihak kepolisian, terhitung 1 Januari hingga 7 Desember 2017, terjadi sebanyak 48 kejadian laka lantas di berbagai tempat di Kabupaten Merangin.

“Dari 48 kejadian laka lantas tersebut, korban meninggal dunia berjumlah 32 orang,” kata Kasat Lantas Polres Merangin, AKP Aulia Rahmad, Minggu (17/12/2017).

“Sedangkan untuk korban luka berat berjumlah 12 orang, dan luka ringan 57 orang. Untuk kerugian materil lebih kurang Rp 321.800.000,” sambung Aulia.

Lebih lanjut Aulia mengatakan, laka lantas di Merangin masih didominasi oleh kendaraan roda dua. Kecelakaan sendiri kebanyakan disebabkan oleh human error.

Ditambahkan Aulia, untuk menekan angka laka lantas di Merangin pihaknya terus melakukan sosialisasi agar pengendara mematuhi aturan lalu lintas. Seperti menggunakan helm, memasang kaca spion, tidak melawan arus, serta menyalakan lampu utama pada siang dan malam hari.

“Warga Merangin kita imbau untuk tertib saat berkendara. Pasalnya, kecelakaan lalu lintas kebanyakan bermula dari adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara,” pungkasnya.


Penulis: Andi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments