Jumat, 27 Mei 2022

Di Pilkada Kerinci, Zainal Abidin Tak Masuk Radar Gerindra

Senin, 18 Desember 2017 | 22:45:07 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Peta perpolitikan jelang Pilkada Kerinci tahun depan kian dinamis. Sejauh ini, dua nama Adirozal-Ami Taher dan Monadi-Edison digadang-gadangkan bakal head to head di perebutan BH 1 DZ di Bumi Sakti Alam Kerinci 2018 nanti.

Menariknya, petahana Zainal Abidin hingga saat ini belum mendapatkan dukungan dari partai politik. Padahal, wakil bupati Kerinci aktif ini digadang-gadang maju sebagai kandidat kuat dari Kerinci wilayah hilir.

Bahkan, Partai Gerindra yang merupakan bagian pengusungnya di Pilkada Kerinci lalu tak lagi meliriknya, padahal Zainal Abidin merupakan suami dari Yanti Maria yang kini duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi dari Gerindra.

Sumber di internal DPD Partai Gerindra menyebutkan jika Zainal Abidin dari awal memang tidak masuk radar yang akan didukung Gerindra di Kerinci.

Ia mengatakan, jika ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra (SAH)  sudah merasa kecewa dengan suami politisi Gerindra Yanti Maria tersebut.

"Masa selama menjabat sebagai Wabup tidak pernah sowan ke kediaman ketua DPD," katanya.

Selain itu kata dia, seharusnya sudah terpilih komunikasi dengan parpol pengusung harus dijaga dengan baik dan bisa berkontribusi dalam membesarkan partai.

"Jangan saat ada maunya baru sibuk, kemarin kemana saja. Lima tahun itu singkat dalam politik," ujarnya.

Ia menyebut jika Yanti Maria juga tidak masuk dalam struktur inti kepengurusan DPD Gerindra Provinsi Jambi. Istri Wabup Kerinci tersebut kini sebagai anggota dewan penasehat DPD.

"Itu karena kurangnya komunikasi dengan partai," katanya.

Sementara, Wakil Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi, Syahbandar mengatakan, partainya segera menentukan sikap di Kerinci dan Merangin. Menurutnya, Gerindra harus melihat perkembangan di masyarakat.

“Jangan salah pilih lagi, lebih baik kita di belakang sedikit tetapi kita tetap selera rakyat yang kita dengarkan,” katanya.

Lalu kemana arah dukungan Gerindra di Pilkada Kerinci? Syahbandar mengatakan, saat ini tengah berproses, kemungkinan ada dua nama antara Adi Rozal-Ami Taher dan Monadi-Edison.

Mengenai nama Zainal Abidin, dirinya mengaku tidak tahu. Karena yang saat ini beredar hanya dua nama tersebut. “Yang sudah disebut-sebut, yang diluar dua pasangan ini saya tak tau,” ujarnya.

Bagaimana dengan nama-nama dua pasangan kandidat yang telah beredar di tengah masyarakat ini, pada pasangan mana nantinya dukungan Gerindra akan diberikan? Syahbandar mengatakan kemungkinan besar dukungan akan jatuh ke penantang.

“Tapi kemungkinan besar ke penantang, saya tak tau siapa. Nanti kita lihat dan tunggu saja,” bebernya.

Apakah dukungan Gerindra di Pilkada tak terpengaruh adanya  partai lain yang bersebrangan kepentingan di tingkat nasional seperti PDIP? Syahbandar membantah bila karena adanya dukungan PDIP di salah satu kandidat.

“Kita tak memandang partai lain. Kita memandang kemana maunya masyarakat dan bisa mensejahterahkan masyarakat disana,” bebernya.


Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments