Sabtu, 23 Oktober 2021

Lihat Nih, Merangin Punya Danau Cantik di Atas Gunung Masurai

Senin, 05 Februari 2018 | 10:35:54 WIB


Danau Kumbang ini terletak di atas Gunung Masurai, Kabupaten Merangin
Danau Kumbang ini terletak di atas Gunung Masurai, Kabupaten Merangin / Andi Kurniawan

BANGKO - Kabupaten Merangin dikenal banyak memiliki objek wisata alam yang indah. Mulai dari danau, air terjun, telaga biru, taman bunga, dan goa. Namun ada satu tempat wisata yang paling cantik yaitu Danau Kumbang.

Danau Kumbang ini terletak di atas Gunung Masurai, Kabupaten Merangin. Berketinggian 2953 Mdpl, Danau Kumbang sudah lama dijadikan tempat objek wisata, baik dari masyarakat biasa maupun mahasiswa pecinta alam dari berbagai daerah di Provinsi Jambi.

Selain Danau Kumbang yang berada di atas Gunung Masurai, sebenarnya terdapat tiga danau lagi. Ada Danau Mabuk, Danau Merah, dan juga Danau Larangan. Namun ke tiga danau itu sulit untuk dijangkau karena medan jalan yang terjal lantaran jarang ditempuh.

Kecantikan Danau Kumbang ini terlihat dari air danau yang bening, airnya yang tenang dan dikelilingi hutan lebat yang ditumbuhi berbagai macam pohon-pohon. Di pinggir danau terdapat tempat untuk medirikan tenda jika pengunjung ingin berkemah.

"Untuk mencapai puncak gunung atau Danau Kumbang kita harus masuk dari Desa Sungai Lalang Kecamatan Lembah Masurai dengan menempuh perjalanan lima atau enam jam," kata Bopeng, salah seorang warga Merangin yang pernah berkunjung ke Danau Kumbang.

Menjelang masuk ke pintu rimba kita harus berjalan lebih kurang dua jam perjalan kaki melewati kebun-kebun warga sekitar. Untuk naik ke puncak Gunung Masurai, di tengah perjalanan pendaki akan disuguhi jalan yang terjal dan licin.

"Di atas sana juga banyak ditemukan jenis bunga hutan yang cantik. Jalan yang terjal menjadi bagian serunya mendaki atau mencapai Danau Mabuk di atas Gunung Masurai," kata Congo, pendaki Gunung Masurai.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments