Senin, 24 Januari 2022

Simulasi UNBK Tahap 2, Siswa Sempat Was-Was Terdapat Soal Essay

Kamis, 01 Februari 2018 | 14:45:04 WIB


Simulasi UNBK
Simulasi UNBK / Jainal Abidin

JAMBI- Sejumlah sekolah terus mematangkan persiapan siswa mengikuti ujian nasional 2 April mendatang, dengan melakukan simulasi UNBK. Simulasi ini telah memasuki tahap kedua yang dilaksanakan selama 2 hari, 31 Januari dan berakhir 1 Februari.

Tiga sekolah yakni, SMK Kesehatan Baiturrahim Kota Jambi bergabung melaksanakan simulasi di SMK Fania Salsabila Kota Jambi.

Dikatakan Kepala SMK Fania Salsabila, Arvandi, pelaksanaan simulasi UNBK di sekolah telah dilaksanakan, dan pelaksanaannya memasuki hari kedua. "Iya sudah hari kedua, dan hari terakhir," katanya, Kamis (1/2) kemarin.

Pelaksanaan simulasi diikuti dari 2 sekolah, karena salah Satu sekolah yang mengikuti menginduk di sekolahnya, yakni SMK Kesehatan Baiturrahim yang melaksanakan simukasi pada sesi Ketiga atau akhir.

"SMK Baiturahim jumlah siswa 15 orang, ditambah siswa kita SMK Fania 97 orang dari 3 program keahlian," sebutnya.

Menurut keterangan Arvansi, dari sebanyak jumlah peserta yang mengikuti simulasi, 2 orang siswa tidak mengikuti pada hari pertama. Namun pada hari kedua simulasi dapat mengikuti.

"Keduanya karena alasan sakit, makanya ijin dihari pertama pelaksanaan," paparnya.

Selama pelaksanaan, dirinya menyebutkan, simulasi dilakukan 3 sesi dengan daya tampung siswa 40 orang sesuai daftar peserta ujian yang mengikuti. "Sesi pertama 2 program keahlian, yakni keahlian Keperawatan dan Analisis," katanya.

"Sesi kedua program keahlian Farmasi, dan sesi Ketiga keahlian Farmasi dan siswa SMK Kesehatan Baiturrahim," paparnya.

Menurutnya, tidak ada kendala yang dihadapi siswa secara teknis atau jaringan, namun hanya keluhan siswa karena beberapa soal belum dipelajari sehingga siswa belum menguasai.

"Setelah ini akan diperdalam materi soal, terutama kisi- kisi soal ujian," imbuhnya.

Pelaksanaan simulasi UNBK juga dilakukan di SMK Nusantara Kota Jambi, sebanyak 63 peserta simulasi mengikuti dari hari pertama pelaksanaan tanpa mengalami kendala dan hambatan.

"Mereka ujian dibagi 2 sesi dengan 40 unit komputer UNBK," papar Kepala SMK Nusantara, Jaya Kasumantri.

Menurut Jaya, simulasi UNBK merupakan pematangan siswa dalam menguasai Komputer bukan dari penguasaan materi ujian itu sendiri.

"Materi soal pengujiannya dipelaksanaan Try Out (TO)," katanya.

Siswanya sempat terlihat was- was tidak bisa mengerjakan soal ujian karena terdapat soal essay pada mata pelajaran Matematika, namun setelah dijelaskan proktor dengan mengerjakan soal dikertas, kemudian jawaban diketik kedalam kolom jawaban.

"Soal essay sebanyak 10 persen dari soal yang diujikan," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments