Sabtu, 22 Januari 2022

102 Proktor dan Teknisi Ikuti Pendampingan Menghadapi UNBK

Kamis, 01 Februari 2018 | 15:21:02 WIB


Disdikbud Kota Jambi melakukan sosialisasi UNBK
Disdikbud Kota Jambi melakukan sosialisasi UNBK / Jainal Abidin

JAMBI- Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Jambi, Selasa (30/1) lalu memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada sekolah-sekolah yang akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), April mendatang.

Drs. Bambang Irawan, MPD selaku Kasi Kurikulum pembinaan SMP Disdikbud Kota Jambi mengatakan, dengan mengumpulkan proktor dan teknisi, pihaknya melatih dengan sosialisasi dan pembimbingan, baik dari menyiapkan peralatan komputer ataupun prasarana UNBK lainnya dimasing-masing sekolah.

"Selama pelaksanaan UNBK, proktor dan teknisi yang bertanggung jawab, termasuk jika ada permasalahan di lapangan nanti," ungkapnya.

Selain itu, pemutahiran data peserta juga menjadi point penting yang harus dilakukan, sekolah harus mendata siswa melalui data Dapodik dan disingkronkan dengan data peserta yang akan mengikuti ujian nasional.

"Kalau tidak terdata, siswa tidak bisa mengikuti ujian," imbuhnya.

"Karena data Dapodik siswa harus sesuai dengan data peserta yang akan mengikuti ujian," jelasnya.

Kesiapan sekolah juga menjadi perhatian Dinas dalam melaksanakan ujian nantinya, baik dari prasarana pelengkapan pendukung komputer seperti server, jaringan listrik dan internet harus tersedia di sekolah.

Menurutnya, kendala lain yang saat ini dihadapi, masih banyaknya proktor dan teknisi yang dimiliki sekolah belum memahami secara teknis, ini dikarenakan masih baru, sehingga belum memiliki pengalaman dibidangnya.

"Kita akan siapkan dan bimbing hingga memahami dan dapat menguasai secara teknis," paparnya.

Selain itu, nantinya tidak menimbulkan masalah dan menjadi kendala sekolah ketika ujian sedang berlangsung, karena tidak menguasai bidangnya.

Untuk mematangkan kesiapan UNBK, pihaknya akan memberikan pendampingan langsung. "Seperti melakukan simulasi, agar bisa langsung melihat pemahaman dan penerapan selama mengikuti sosialisasi ini," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments