Senin, 24 Januari 2022

Pensi dan Expo SMA 4 Kota Jambi Tampilkan Kebudayaan Nusantara

Sabtu, 03 Februari 2018 | 20:15:06 WIB


Wagub Jambi bersama pihak Disdik Provinsi Jambi berfoto bersama guru dan siswa
Wagub Jambi bersama pihak Disdik Provinsi Jambi berfoto bersama guru dan siswa / Jay

JAMBI- Pagelaran Pentas seni atau Pensi dan Expo SMA Negeri 4 Kota Jambi, Jumat (2/1) kemarin berlangsung semarak. Acara yang mengusung tema Unity In Diversity menampilkan kebudayaan nusantara, terutama kebudayaan tarian dari berbagai daerah di Indonesia ditampilkan siswa- siswi dan stand expo dari berbagai provinsi di Indonesia.

Acara ini turut dihadiri Wakil Gubernur Jambi dan membuka acara, Fachrori Umar, Kabid pembinaan SMA Disdik Provinsi Jambi, Abdul Mukti, Ketua MKKS Provinsi Jambi, Jaya Kasumantri, pengawas SMA Negeri 4, kepala sekolah di Kota Jambi.

Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan yang berat saat ini yakni membangun peradaban bangsa, karena sibutuhkan keseriusan dan kesabaran para pendidik.

"Harus diberikan dengan baik dan benar," katanya.

Berbeda dengan membangun infrastruktur, selagi ada dana dapat dibangun, dan bisa dilaksanakan tanpa waktu yang lama.

Memberikan pembangunan peradaban bangsa, dengan kesenian dan kebudayaan nusantara yang kaya di Indonesia, karena seni budaya adalah ketahanan nasional.

"Ini sudah dibuktikan SMA Negeri 4, penampilan siswa dengan aneka ragam dari daerah di Indonesia," paparnya.

Ditambahkan Kabid Pembinaan SMA Disdik Provinsi Jambi, Abdul Mukti, pihaknya sangat mengapresiasi penampilan yang disuguhkan pelajar SMA Negeri 4, dengan ragam kebudayaan Indonesia dari tarian pembuka dan stand expo dan pakaian adatnya.

" Karena kalau tidak dikembangkan, kebudayaan nusantara akan tergerus kemajuan zaman," imbuhnya.

Selain itu dia mengucapkan selamat untuk SMA Negeri 4 atas peraihan prestasi sekolah adiwiyata tingkat nasional, satu- satunya SMA di Kota Jambi dan Provinsi Jambi 

Selanjutnya Kepala SMA Negeri 4, Yorinal mengatakan, Pensi dan Expo yang dilaksanakan sekolah, telah lama tidak dilaksanakan dan ini dilaksanakan kembali, dengan dukungan semua komponen dilingkungan SMA Negeri 4 Kota Jambi.

"Baik warga sekolah, maupun swasta yang telah menjadi sponsor kegiatan Pensi dan Expo," katanya.

Mengusung tema Unity In Diversity, karena negara Indonesia negara Bhenika Tunggal Ika, dengan banyak ragam kebudayaan seni dan tarian. SMA Negeri 4 Kota Jambi mengenalkan kepada siswa- siswinya dan tamu undangan.

" Penampilan pembuka kita disuguhkan penampilan tarian dari berbagai daerah dan tersedia stand expo dari nusantara," paparnya.

Selanjutnya dengan kegiatan ini, Yorinal mengharapkan sebagai semangat siswa dapat meningkatkan kreatifitas, dan menciptakan kesenian yang baru untuk membuka cakrawala nusantara.

" Semakin dikembangkan, semakin luas pengetahuan nusantara," imbuhnya.

Ketua pelaksanan Pensi dan Expo SMA Negeri 4, Ridwan  menuturkan, persiapan yang dilakukan sekolah untuk kegiatan ini dilakukan sajak jauh- jauh hari, baik pembentukan panitia dan merancang kegiatan.

" Panitia dari guru, siswa dan pengurus OSIS," paparnya.

Bahkan untuk memastikan kesiapan pelaksanaan, jelang seminggu puncak perayaan, pihaknya mematangkan persiapan acara yang dikemas mengusung keaneragaman budaya nusantara, baik tarian dan stand pameran Expo, serta dengan kegiatan lomba antar SMA se-Kota Jambi.

" Festival band, solo song, tari kreasi nusantara, dan stand up comedy," tandasnya.


Penulis: Jay
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments