Sabtu, 23 Oktober 2021

Pemprov Jambi Ajukan 66.965 Metrik Ton Gas ke Pusat

Kamis, 08 Februari 2018 | 10:47:46 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI-Demi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya bagi warga yang tidak mampu, tahun 2018 Pemerintah Provinsi Jambi mengajukan kuota gas bersubsidi sebanyak 66.965 metrik ton ke pemerintah pusat dan kuota ini masih merujuk pada kuota pada tahun 2017.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jambi, Muktammar Hamdi, mengatakan bahwa kuota gas bersubsidi untuk Provinsi Jambi tahun 2018 masih sama pada kuota tahun 2017.

"Ini dikarenakan kuota 2018 masih mengacu pada kuota gas bersubsidi tahun sebelumnya meskipun ada penambahan usulan dari Kabupaten-kota," ujarnya.
Dilanjutkannya lagi, usulan kuota ini akan dibawa ke Kementerian ESDM dan dirinya tidak bisa menentukan apakah ditambah atau dikurangi tergantung dari pusat .
Lebih lanjut, Muktammar mengatakan, kuota 66 ribu setara dengan 22.321.661 tabung. Perbulan masyarakat dapat menggunakan 4 tabung dan meningkatnya jumlah usaha mikro dan kecil membuat permintaan gas bersubsidi semakin meningkat .

"Kami minta penambahan sekitar 2 persen dengan pertimbangan untuk usaha mikro menengah yang tinggi di kabupaten/kota," katanya.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi, dikatakan Muktamar, akan berupaya agar kuota yang diajukan tidak akan dikurangi oleh pemerintah pusat .

"Ini baru usulan, semoga usulan ini dikabulkan sehingga masyarakat Provinsi Jambi tidak kekurangan gas 3 kg," ucapnya. Terkait kelangkaan gas 3 Kg di Provinsi Jambi, menurut Hamdi, hal itu dikarenakan banyak pangkalan yang menjual gas 3 kg di luar wilayah Provinsi Jambi. Selain itu, peningkatan jumlah UMKM di Provinsi Jambi juga menjadi faktor kelangkaan gas 3 kg.

"Kita perhatikan penjual gorengan, nasi uduk dan rumah makan lebih dari empat tabung gas dipakai tiap harinya. Sehingga kebutuhan akan gas bagi rumah tangga secara tidak langsung berkurang," pungkasnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments