Sabtu, 15 Agustus 2020

Pemkot Jambi Pastikan Lansia Dapat Layanan Maksimal


Rabu, 20 Februari 2019 | 02:59:38 WIB


Pengukuhan pengurus Komda Lansia Kota Jambi, Rabu (20/2)
Pengukuhan pengurus Komda Lansia Kota Jambi, Rabu (20/2) / istimewa

JAMBI- Pemerintah kota Jambi memastikan para Lansia di Kota Jambi akan mendapatkan layanan terbaik. Disampaikan Wakil Walikota Jambi Maulana pihaknya akan memastikan agar lansia dikota Jambi mendapatkan pelayanan yang khusus dan maksimal.

Hal ini disampaikan Maulana, dalam pengukuhan dirinya sebagai sebagai pengurus Komda Lansia Kota Jambi, Rabu (20/2). Pengukuhan dilakukan langsung oleh Komda Lansia Provinsi Jambi di ruang pola Kantor Walikota Jambi, Rabu ,(20/2).

"Kami anggota Komda Lansia Kota di kukuhkan oleh pengurus KOmda Provinsi. Tujuannya agar kami para anggota harus bisa memastikan adanya jaminan bagi lansia mendapatkan pelayanan dan bantuan dalam bidang ekonomi agar Lansia bisa tetap produksti dan mandiri. Para anggotanya terdiri dari anggota dari OPD terkait," bebernya.

 Maulana juga menyatakan bahwa ditargetkan pada 2020, Kota Jambi akan menjadi Kota layak Lansia. "Sebenarnya saat ini kita sudah mulai memiliki fasilitas ramah Lansia," bebernya.

Menurutnya,ada tiga aspek yang akan menjadikan Kota Jambi menjadi Kota layak Lansia. Pertama adanya aspek pelayanan publik yang ramah lansia.

Seperti pelayanan rumah sakit, puskesmas, kantor perizinan dan beberapa kantor pemerintahan dan kantor pelayanan publik yang harus ramah lansia.

"Harus ada jalur khusus untuk lansia dan untuk ini puskesmas kota sudah melakukannya. Lansia yang akan berobat sudah ada jalur khusus. Tidak perlu antri lagi,ruangan periksa,dokter,perawat hingga farmasinya cukup disatu ruangan. Juga harus ada fasilitas untuk lansia seperti di kantor Walikota yang ada jalur batu batu ada zona untuk lansia berpegangan. Kita juga akan membuat taman khusus lansia. Sebenarnta saat ini sudah ada taman Kongkow yang ramah lansia. Hanya saja perlu beberapa tambahan fasilitas lagi," bebernya.

Aspek kedua adalah menjami lansia mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.  "Jika lansia tersebut tidak memiliki BPJS kesehatan,maka akan kita berikan bantuan kesehatan melalui kartu jambi bugar," jelasnya.

Selanjutnya ketiga memberikan perlindungan bagi lansia terlantar agar mendapatkan bantuan secara langsung oleh OPD terkait. "Untuk lansia terlantar akan ada bantuan langsung dari Dinas Sosial. Hal ini juga berlaku bagi lansia yang sudah tidak produktif atau sedang sakit sakitan,"ujarnya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Herri Novealdi



comments