Minggu, 5 Juli 2020

SKK Migas-PetroChina Berikan Bantuan 3.000 Bibit Kopi Liberika


Minggu, 24 November 2019 | 20:29:07 WIB


SKK Migas-PetroChina Berikan Bantuan 3.000 Bibit Kopi Liberika
SKK Migas-PetroChina Berikan Bantuan 3.000 Bibit Kopi Liberika / Ist

Tanjab Barat - SKK Migas-PetroChina Jabung Ltd ikut berpartisipasi dalam kegiatan Rembuk Kampung dan Penanaman 10.000 Bibit Kopi Liberika Tungkal Komposit di Area Perkebunan Panting Nol, Dusun Sungai Haji, Desa Sungai Terap, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Minggu (24/11/19).

Acting Field Manager PertoChina Jabung Ltd Rudy Hermawan mengatakan, SKK Migas-PetroChina akan terus hadir dan berkontribusi dalam upaya membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Semoga hal ini dapat mewujudkan terciptanya kemampuan dan keterampilan masyarakat untuk mengolah Sumber Daya Alam (SDA) di desanya untuk menjadi komoditas yang mempunyai nilai ekonomis," ujar Rudy.

Menurutnya, saat ini sebagian hasilnya sudah dapat kita lihat bersama, yakni suksesnya pengolahan kopi Liberika Tungkal Komposit (Libtukom) dalam berbagai bentuk. "Tentunya dengan memperhatikan mutu produk dan kualitas bahan," tuturnya.

Rudy mengatakan dalam kegiatan penanaman 10.000 bibit kopi Libtukom ini, SKK Migas PetroChina sebelumnya pada bulan September lalu telah memberikan bantuan satu unit mesin roaster dan kali ini akan membantu bibit kopi Liberika sebanyak 3.000 bibit, 2.000 bibitnya adalah bibit kopi unggul yang akan didatangkan langsung dari PUSLITKOKA Jember, serta sarana dan prasarana lainnya.

"Budidaya kopi liberika yang ditargetkan hingga tahun 2023 akan mencakup area hingga 35 hektar di perkebunan Kelompok Tani Haji Bangun ini," ucapnya.

Kegiatan ini kata Rudy, nantinya dapat mengusung cita-cita bersama kelompok tani, usaha mitra dan pemerintah untuk menjadikan Desa Sungai Terap sebagai desa lumbung kopi liberika di tahun 2023.

Rudy menyebutkan, hal ini juga merupakan salah satu komitmen SKK Migas - PetroChina Jabung Ltd dalam pengembangan dan peningkatan produksi kopi khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Kita berharap semua dapat berjalan baik dan dapat memberikan dampak positif ke depannya, baik dari segi lingkungan sosial dan perekonomian masyarakat," katanya.

Goverment and Relation Superintendent PetroChina Jabung Ltd Banu Subagyo mengatakan, pihaknya intens melakukan diskusi dengan petani kopi. Adapun salah satu yang paling ditakuti ialah bencana banjir seperti yang terjadi pada beberapa tahun lalu.

"Sehingga banyak tanaman petani yang mati, namun hari ini semangat tersebut sudah tumbuh kembali, maka semangat tersebut perlu kita dukung," ucapnya.

Ketua Pelaksana M Firdaus, mewakili masyarakat Dusun Sungai Haji, bertekad akan mengembangkan kopi liberika di daerah tesebut.

"Mudah-mudahan ini menjadi titik awal pengembangan kopi liberika di Tanjung Jabung Barat. Karena kopi liberika telah diakui secara nasional serta sudah mendapatkan sertifikasi indeks geografis,’’ ujarnya.

Sementara, Bupati Tanjab Barat Safrial mengatakan tujuan acara ini adalah untuk memberikan motivasi bagi petani dalam rangka membantu meningkatkan SDM.

"Saya mengharapkan agar dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud," ujar Bupati.

"Kopi liberika sudah ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sejak tahun 1940 dan menjadi tanaman yang dapat dibudidayakan dan sudah mendapat hak paten dari Kemenkumham tahun 2015. Kopi ini sudah menjadi produk unggulan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat," kata Bupati.

Menurutnya, butuh komitmen yang kuat baik dari petani maupun stakeholder terkait untuk mempertahankan keberadaan kopi Liberika Tungkal Komposit di kancah perkopian nasional," tukasnya.

Dikatakan Safrial, sudah banyak upaya yang dilakukan oleh PetroChina untuk mengangkat kopi liberika Tungkal komposit menjadi produk unggulan daerah dan penggerak ekonomi kreatif.

"Saya berharap kelompok kelompok tani yang mendapat bantuan tetap berkomitmen dan terus mengembangkan usaha yang ada. sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, selanjutnya saya instruksikan kepada jajaran yang terkait agar dapat berperan aktif dalam mendampingi petani," katanya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Tanjung Jabung Barat Safrial, Kadis Perkebunan Provinsi Jambi Agus Rizal, Kepala Humas SKK Migas Sumbagsel Andi Arie Pangeran dan Sukesih Aprilia, Acting Field Manager PetroChina Jabung Rudy Hermawan, Government and Relations Superintendent Banu Subagyo, Comdev Resmanudin, Camat Betara, Para Kades sekecamatan betara, para petani kopi dan instansi terkait lainnya (hin)

 


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments