Sabtu, 23 Oktober 2021

Dampak Mewabahnya Virus Corona, Jamaah Umrah Tanjabbar Batal Berangkat

Senin, 02 Maret 2020 | 22:37:06 WIB


Pimpinan Yayasan Nurul Armain H Harmen saat memberikan keterangan terkait pembatalan keberangkatan jamaah umrah
Pimpinan Yayasan Nurul Armain H Harmen saat memberikan keterangan terkait pembatalan keberangkatan jamaah umrah / metrojambi.com

KUALATUNGKAL - Sejak virus corona merebak beberapa bulan lalu, penyebarannya kini sudah mencapai puluhan negara. Bahkan pemerintah Kerajaan Saudi Arabia (KSA) mengeluarkan kebijakan penghentian sementara jamaah Umroh, termasuk dari Indonesia sejak 28 Februari lalu.

Menyikapi hal ini, sejumlah agen penyedia jasa layanan umrah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) juga membatalkan keberangkatan jamaahnya.

"Kita tunggu keputusan dari pusat. Yang dilakukan pemerintah adalah yang terbaik, kita patuhi, kita taati dan kita juga antisipasi dalam rangka mencegah virus corona," ujar Kasi Haji dan Umrah Kemenag Tanjabbar Hendra Kusuma, Senin (2/3/2020).

Dia berharap banyak kepada semua masyarakat agar mendukung kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. "Kita harap masyarakat mendukung kebijakan tersebut, ini pencegahan," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Yayasan Nurul Armain, H Harmen mengatakan, pihaknya telah membatalkan keberangkatan jamaah umrah di bawah naungan yayasan.

"Tanggal 12 Maret 2020, rencananya tujuh orang jamaah sudah terjadwal. Akan tetapi, dengan adanya kebijakan dari Saudi, maka kita tunda sampai dibuka kembali," katanya.

Dia mengaku sangat mendukung kebijakan tersebut sebagai bentuk pencegahan. "Bagus, dari pada berdampak buruk. Contohnya kalau orang sudah kena virus dan memang sudah sembuh, namun kumannya belum steril, takutnya timbul lagi," pungkasnya.


Penulis: cr4
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments