Kamis, 30 Juni 2022

Sukandar Minta OPD Pemkab Tebo Susun Program Tepat Sasaran

Senin, 02 Maret 2020 | 21:21:40 WIB


Bupati Tebo Sukandar
Bupati Tebo Sukandar / dok.metrojambi.com

MUARATEBO – Seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Tebo diharapkan membuat program kerja sesuai dengan target sasaran.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Tebo Sukandar dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) dan Forum Perangkat Daerah (FPD) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tebo Tahun 2021, di aula Bappeda dan Litbang Kabupaten Tebo, Senin (2/3/2020).

Menurut Sukandar jika program kerja tidak sesuai akan berimbas pada aspirasi serta ide program yang masuk tidak semuanya dapat terakomodir.

“Maka pembuatan dan pemilihan program harus mengacu pada tingkat strategis dan prioritasnya suatu program. Penyusunan RKPD tersebut harus disesuaikan dengan kekuatan anggaran yang ada,” ujarnya.

"Setiap program pembangunan yang disusun, outcomenya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Tebo baik pada aspek ekonomi, pendidikan, sosial budaya, dan aspek lainnya yang berdampak pada peningkatan taraf hidup dan kualitas SDM di Tebo," katanya.

Sukandar menyebutkan, selain melakukan efisiensi dan efektifitas belanja dalam mengantisipasi keterbatasan penerimaan APBD, perangkat daerah juga harus bisa mengambil potensi dan kesempatan dalam menunjang pembangunan di Tebo.

"Saya ingin tegaskan kepada seluruh kepala OPD untuk mengambil langkah-langkah dalam menangkap peluang sebagai sumber pembiayaan pembangunan seperti APBD Provinsi dan pusat atau dukungan dari CSR perusahaan," katanya lagi.

Kepala Bappeda dan Litbang Tebo, Hendry Nora ST menjelaskan, ada tiga tujuan utama yang akan dicapai pada pelaksanaan penyusunan dokumen RKDP.

Pertama, mewujudkan percepatan visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tebo tahun 2017-2022.

“Kedua, mewujudkan rencana pembangunan tahunan sesuai dengan kebutuhan, dan perkembangan daerah serta ketiga mewujudkan kesadaran dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan," ungkapnya.


Penulis: cr3
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments