Senin, 24 Januari 2022

Lelang Jabatan Sekda Provinsi Jambi Belum Ada Pendaftar

Senin, 02 Maret 2020 | 22:30:21 WIB


/ istimewa

JAMBI - Sejak dibuka pada 25 Februari lalu, lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi belum ada yang mendaftar secara online. Padahal, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi dan panitia seleksi (pansel) sudah menyediakan website khusus untuk pendaftaran online di bkd.jambiprov.go.id atau jambiprov.go.id.

Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Jambi Sudirman saat ditanyakan keikutsertaannya dalam lelang tersebut mengatakan bahwa dirinya tengah mempersiapkan diri untuk mendaftar.

"Saya lagi persiapan mendaftar," sampainya sembari guyon (tertawa,red), Senin (2/3/2020).

Sementara itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi memprediksi calon pelamar sedang menyiapkan berkas yang dipersyaratkan. Syarat sendiri cukup berat salah satunya harus mengantongi persetujuan dari (Pejabat Pembina Kepegawaian) dalan hal ini Gubernur untuk Provinsi dan Bupati untuk Kabupaten.

"Hingga kini belum ada pendaftar, biasanya seminggu, sepertinya minggu depan pelamar sudah mulai mendaftar," ujar Kabid Pengembangan Kompetensi dan Karier BKD Provinsi Jambi Firman Kurniawan.

Firman mengatakan, waktu yang dimaksud yakni hari ini, Senin (2/3/2020). Untuk waktu pendaftaran sendiri disampaikannya mulai dibuka pada 25 Februari dan berakhir pada 10 Maret mendatang. Mengenai teknisnya dikatakan Firman harus ada empat pelamar yang mendaftar pada pendaftaran awal ini.

"Minimal empat pelamar, jika tak cukup sesuai aturan penambahan tujuh hari," jelasnya.

Untuk persyaratan sendiri seperti pelamar Sekda harus berasal dari golongan Pembina Utama muda (IV/c) diutamakan (IV/d). Kemudian pernah menduduki jabatan eselon II dia tahun di dua opd berbeda. Selain itu telah menjalani Diklatpim II dan bersedia mengikuti Diklatpim I jika terpilih. Selain itu disyaratkan yang mengikuti lelang Sekda merupakan PNS yang memiliki kualifiokasi pendidikan minimal strata dua (S2), serta memperolah persetujuan tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Sementara itu ada beberapa pejabat sudah menugaskan para stafnya untuk menanyakan langsung persyaratan ke BKD. Para pejabat itu disebutkan sumber seperti para Asisten Sekda yakni Asisten 1 Apani Saharudin, Asisten 2 Agus Sunaryo dan Penjabat Sekda Sudirman.

Untuk Kepala OPD yang muncul ada nama Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi Arief Munandar, namun yang bersangkutan masih menyangkal akan ikut lelang Sekda yang notabene sudah pernah dia ikuti pada periode lalu.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments