Minggu, 22 Mei 2022

Pemkab Tebo Prioritaskan Implementasi KEE di Wilayah Konflik dan Keberadaan Gajah

Selasa, 03 Maret 2020 | 21:02:20 WIB


Pemerintah Kabupaten Tebo saat menggelar audiensi dengan BKSDA Jambi
Pemerintah Kabupaten Tebo saat menggelar audiensi dengan BKSDA Jambi / metrojambi.com

MUARATEBO - Dalam rangka upaya konservasi satwa gajah Sumatera di bentang alam Bukit Tiga Puluh, serta efektifitas mitigasi konflik satwa liar dan manusia, Pemerintah Kabupaten Tebo akan memprioritaskan implementasi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) di wilayah konflik dan keberadaan gajah.

Rencana ini terungkap dalam acara audiensi Pemerintah Kabupaten Tebo dengan kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi beserta rombongan di ruang Anggrek Kantor Bupati Tebo, Selasa (3/3/2020).

Dalam acara tersebut dibahas mengenai Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) koridor satwa liar di Tebo, dikarenakan daya jelajah gajah hanya tersisa kurang lebih 60 hektar.

Sempitnya daerah jelajah tersebut, membuat sumber makanan gajah berkurang, sehingga gajah keluar dan menjelajahi kawasan permukiman. Hal tersebut akan dianggap memicu konflik antara satwa dan manusia.

Bupati Tebo Sukandar memberikan catatan untuk mendukung penyelesaian program dan subprogram. Diantaranya adalah rekomendasi yang nantinya akan diselesaikan oleh pihak terkait.

"Sertifikasi tanah yang nanti akan dikoordinasikan dengan pihak BPN, sosialisasi KEE dipusatkan di kecamatan, prioritaskan pengimplementasian KEE di wilayah konflik dan keberadaan gajah, hal tersebut menjadi catatan untuk mendukung penyelesaian program dan subprogram," katanya.

Selain itu, dalam audiensi tersebut Sukandar meminta agar pihak BKSDA Jambi untuk menyediakan layanan telepon supaya mempermudah informasi dari keluhan masyarakat apabila menemui konflik satwa dan manusia.

"Untuk mempermudah informasi dari keluhan masyarakat terhadap konflik satwa dan manusia, saya minta kepada pihak BKSDA Jambi agar menyediakan layanan telepon," sebutnya.

Merespon permintaan Sukandar, pihak BKSDA Jambi telah memberikan nomor telpon yang bisa dihubungi jika terjadi permasalahan.


Penulis: cr3
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments