Rabu, 26 Januari 2022

Al Haris Tegaskan Tiada Ampun Bagi Kades yang Selewengkan Dana Desa

Selasa, 03 Maret 2020 | 22:27:43 WIB


Bupati Merangin Al Haris
Bupati Merangin Al Haris / dok.metrojambi.com

BANGKO – Penggunaan Dana Desa (DD) seringkali menjadi persoalan di tengah Masyarakat. Bahkan Bupati Merangin Al Haris sendiri mengaku menemukan adanya kesalahan yang dilakukan beberapa Kades.

Menurut Haris, Kepala Desa di Kabupaten Merangin perlu dievaluasi, bahkan dia meminta pada inspektorat memeriksa kepala desa yang belum menyerahkan SPJ pengelolaan dana desa hingga saat ini.

Haris juga menegaskan tidak akan memberi ampun lagi kepada kepala desa yang belum menyampaikan SPJ hingga saat ini.

"Ini instruksi Mendagri, Kapolri, Kajagung, dimana yang melanggar dan menyimpang APBD Desanya mohan maaf tidak akan saya beri ampun. Semakin lama menjadi kepala desa seharusnya semakin pengalaman, namun makin menyimpang. Bayangkan ada 16 desa tidak menyampaikan SPJ 2018 dan kini sudah habis 2019 tidak juga menyampaikan SPJnya," beber Haris.

Dikatakannya lagi, ada dua sample ditemukan kerugian negara, jumlahnya hampir tiga ratus juta dan sudah dua bulan tapi belum ada penyelesaian.

"Saya tidak tau ini, apakah ada unsur sengaja kepala desa ataukah PPK nya menjebak kepala desanya. Volume pekerjaan dikurangi, RAB nya diubah,” jelasnya.

“Kita mempunyai konsultan, Merangin banyak konsultan dan bisa kita pergunakan dan tinggal mereka buat perencanaan yang matang, RAB nya matang pekerjaanya selesai," katanya.

Selain itu Bupati Merangin meminta kepada Kepala PMD untuk merevisi Perbup terkait kepala desa dan ditambah poinya, jika yang melanggar fakta intregritas, Bupati Merangin berhak untuk memberhentikannya.

"Setiap ada kasus di desa, untuk memberhentikan Kades prosesnya lama dan bertele-tela. Ketika masyarakat tidak mengakui lagi kepala desanya kita juga repot. Saya kira perubahan Perbup itu penting dan segera akan kita lakukan," pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments