Sabtu, 6 Juni 2020

Muncul Saat Pembersihan Kanal, Warga Tangkap Buaya Gunakan Alat Berat


Kamis, 09 April 2020 | 19:41:42 WIB


Seokor buaya berhasil ditangkap warga di RT 13 Kelurahan Parit Culum 1, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjabtim
Seokor buaya berhasil ditangkap warga di RT 13 Kelurahan Parit Culum 1, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjabtim / istimewa

 MUARASABAK - Penangkapan buaya berukuran sekitar 4 meter menghebohkan warga Kelurahan Parit Culum 1, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjabtim, Kamis (9/4/2020).

Islanto, warga RT 13 Kelurahan Parit Culum 1 mengatakan, saat itu dirinya bersama sejumlah warga setempat sedang melakukan aktivitas membersihkan kanal menggunakan alat berat.

Saat proses pembersihan kanal sedang berlangsung, warga dikejutkan dengan adanya suara hantaman keras yang mengenai bagian pengeruk dari alat berat yang sedang beroperasi.

"Rencananya kami mau melakukan cuci parit (kanal, red) sepanjang 1 km. Tetapi baru sekitar 700 meter kami terkejut pas alat berat ini terbentur ke badan buaya yang sedang berendam di dalam kanal," ujarnya.

Merasa terancam dengan kemunculan buaya tersebut, warga spontan meminta kepada pengendara alat berat untuk menepikan buaya dan menjepit buaya sementara waktu, sambil menunggu pihak berwenang datang.

Namun sayang, buaya tersebut akhirnya mati diduga karena terlalu lama digencet oleh alat berat. Padahal tekanan gencetan alat berat tersebut sudah dikendorkan beberapa kali agar buaya tersebut masih bisa dapat hidup.

Sementara itu, Usman, ketua RT 04, Kelurahan Teluk Dawan menjelaskan, lokasi tersebut memang merupakan habitat buaya, sehingga sering menimbulkan keresahan, khususnya bagi warga yang aktivitas sehari-harinya berada dekat dengan pinggiran kanal atau sungai.

"Warga yang berkebun, yang memanen ataupun sekedar membersihkan lahan kadang khawatir dengan ancaman buaya yang ada di beberapa lokasi tidak jauh dari penangkapan buaya ini," jelasnya.

Usman juga menambahkan, buaya-buaya yang masuk ke kanal ini merupakan buaya yang berasal dari sungai Teluk Dawan yang lokasinya tepat berada di depan rumahnya.

"Buaya-buaya tersebut memang sering menampak kan diri, bahkan sudah ada beberapa ternak warga sekitar yang dilepas liarkan sering hilang dan kemungkinan dimangsa oleh buaya yang ada di wilayah tersebut," tandasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments