Jumat, 10 Juli 2020

SKK Migas-PetroChina Serahkan Bantuan Covid-19 Tahap Ketiga


Jumat, 08 Mei 2020 | 20:57:52 WIB


/ Humas SKK Migas Sumbagsel

 JAMBI - SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. pada Jumat 8 Mei 2020, menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 untuk Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher di Kota Jambi dan RSUD Daud Arif di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (TJB).

Government Relations Superintendent PetroChina Saipul menyampaikan bantuan secara simbolis kepada Gubernur Jambi Fachrori Umar, yang merupakan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, dalam acara  di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi.

SKK Migas-PetroChina menyerahkan 100 paket alat pelindung diri (APD) yang terdiri dari hazmat suit, Masker N95, surgical mask, face shield, kacamata goggle, sepatu boot karet, dan sarung tangan untuk RSUD Raden Mataher. SKK Migas-PetroChina juga menyerahkan bantuan 200 hazmat suit untuk Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

Sementara itu, RSUD Daud Arif menerima 50 paket APD berupa hazmat suit, masker N95, surgical mask, face shield, kacamata goggle, sepatu boot karet dan sarung tangan. Dalam kesempatan yang sama, SKK Migas-PetroChina menyerahkan 500 paket bantuan sembako untuk masyarakat yang disalurkan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Hari ini kami menyerahkan bantuan tahap ketiga yang diberikan SKK Migas-PetroChina untuk penanganan Covid-19 di provinsi Jambi, tempat kami beroperasi,” kata Saipul.

“Dengan penyebaran Covid-19 yang makin meluas di Jambi, kami berharap bantuan ini akan menambah persediaan APD bagi tenaga medis yang secara langsung menangani pandemi Covid-19,” ujar Vice President Human Resources and Relations PetroChina Dencio Renato Boele.

Sampai Kamis, 7 Mei 2020, terdapat 47 kasus positif Covid-19 di seluruh Provinsi Jambi, termasuk di Kabupaten TJB dan Tanjung Jabung Timur (TJT), dua kabupaten yang menjadi lokasi Blok Jabung.

“Sebagai operator Blok Jabung, kami mendukung sepenuhnya upaya pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19. Kami juga memastikan telah menerapkan upaya pencegahan maksimal untuk menjaga karyawan PetroChina yang masih aktif bekerja di lapangan,” ujarnya.

Seluruh pekerja Jabung Field wajib mengisi epidemiology background check untuk mengetahui riwayat perjalanan karyawan sebelum kembali bekerja di lapangan. Selain itu, PetroChina juga rutin mengecek suhu karyawan, menunda semua kegiatan, mengurangi intensitas rapat dan menyediakan nasi kotak di tiap waktu makan.

“Kami juga tidak mengizinkan karyawan yang sedang bertugas di lapangan untuk menghadiri pertemuan atau kegiatan apapun di luar camp,” Dencio menambahkan.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan, Adiyanto Agus Handoyo tentunya selalu melakukan koordinasi dengan semua Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di wilayah Sumbagsel untuk dapat terus memberikan kontribusi di bidang energi. Tidak hanya itu, SKK Migas mengimbau agar semua pekerja di lingkungan KKKS dapat menjaga kesehatan, keamanan dan keselamatan diri secara pribadi.

“Kami sebagai pelaku kegiatan usaha hulu migas sangat menyadari bahwa upaya mencegah dan menghentikan penyebaran virus ini juga merupakan tugas kami. Kami telah mengikuti protokol pencegahan Covid-19 dalam kegiatan operasional kerja seperti memberlakukan work from home bagi pekerja non-lapangan, social and physical distancing bagi pekerja lapangan, melakukan rapid test dan karantina bagi pekerja saat crew change, tes suhu tubuh dan lain sebagainya. Hal ini tentunya untuk memastikan kondisi semua pekerja dalam keadaan sehat dan aman,” beber Adiyanto.

Sesuai dengan anjuran jaga jarak, PetroChina juga mengetatkan peraturan untuk para mitra yang berkunjung ke camp Geragai di TJT dan camp Betara Gas Plant (BGP) di TJB.

Untuk mendukung upaya penanganan Covid-19 di daerah sekitar wilayah operasi PetroChina, perusahaan telah memberikan bantuan secara bertahap.

Pada tanggal 2 Mei 2020, SKK Migas-PetroChina menyerahkan bantuan berupa 7.000 buah masker kain, lima paket wastafel cuci tangan dan 10 paket sabun cuci tangan kepada PMI, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tanjung Jabung Timur.
 
Selain itu, SKK Migas-PetroChina juga menyerahkan bantuan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nurdin Hamzah Tanjung Jabung Timur berupa 50 paket alat pelindung diri (APD) Covid-19 yang mencakup hazmat suit, masker N95, masker bedah, face shield, kacamata goggle, sepatu boot karet dan sarung tangan. 

Pada 1 April 2020, SKK Migas-PetroChina menyerahkan bantuan berupa peralatan medis, peralatan disinfeksi dan brosur himbauan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Selain memberikan donasi barang, SKK Migas-PetroChina terlibat dalam kegiatan disinfeksi lingkungan di Kecamatan Betara dan Kecamatan Geragai pada 6 April 2020. PetroChina bekerjasama dengan kecamatan, kelurahan, kepolisian dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) setempat dalam kegiatan disinfeksi ini.     

Di Jakarta, perusahaan induk PetroChina, China National Petroleum Company (CNPC), menyalurkan bantuan berupa 60.000 masker medis untuk pekerja kesehatan melalui SKK Migas dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Fachrori menyampaikan apresiasnya atas bantuan berbagai pihak, termasuk SKK Migas-PetroChina dalam penanganan Covid-19. “Kita perlu bahu membahu untuk menanggulangi wabah Covid-19,” ujarnya.

Manajemen PetroChina terus berkoordinasi dengan SKK Migas dan institusi kesehatan terkait dalam penanganan COVID-19 di Jakarta dan Jambi.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments