Sabtu, 15 Agustus 2020

Refocusing Tahap Dua, Pemkab Merangin Siapkan Dana 40 Miliar


Rabu, 03 Juni 2020 | 16:08:28 WIB


Fajarman, kepala (DPKAD) Kabupaten Merangin
Fajarman, kepala (DPKAD) Kabupaten Merangin / istimewa

BANGKO - Dalam upaya percepatan penangan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Merangin kembali melakukan refocusing Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD). Kali ini, lebih kurang Rp 40 miliar akan dicadangkan, yang disebut dana tidak terduga.

Fajarman, kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Merangin kepada metrojambi.com mengatakan, refocusing tahap dua itu sudah dilakukan penghitungan kembali dan sudah disampaikan pada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Lebih kurang 40 miliar yang disiapkan untuk dana tidak terduga. Saat ini tahapnya sedang dalam pengaplotan data data sesuai dengan hasil refocusing oleh OPD, setelah itu baru akan dilakukan pemprosesan pencairan dananya," ujar Fajarman, Rabu (3/6/2020).

Ditambahkan Fajarman, tahapan refocusing yang sudah dilalui antara lain, udah dilakukan penelahaan kemudian Rovocusing tahap dua ini berdasarkan SK Kementrian Keuangan RI dan SK Menteri Dalam Negeri.

"Nantinya 30 persen untuk barang dan jasa dan 35 untuk belanja modal dan akumulasinya, na sekarang tinggal SKPD yang akan mengaplod data itu ke Simda Kabupaten," pungkasnya.

Sebelumnya, pada refocusing pertama untuk percepatan penangan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Merangin sudah melakukan realokasi anggaran sebanyak Rp 30 miliar.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments