Sabtu, 15 Agustus 2020

Pohon Penghijauan Diduga Sengaja Dirusak Hingga Mati, Kadis LH: Semoga Pelaku Diberi Hidayah


Rabu, 03 Juni 2020 | 16:50:41 WIB


/ metrojambi.com

 MUARABULIAN - Sejumlah pohon penghijauan jenis ketapang di taman kota yang berlokasi di Simpang Empat Taman Basket, Muara Bulian, Kabupaten Batanghari mati. Diduga, pohon-pohon tersebut sengaja dirusak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, hingga akhirnya mati.

Pantauan metrojambi.com, daun batang pohon ketapang tersebut tampak menguning dan berguguran. Selain itu, bagian kulit batang pohon juga tampak disunat hingga membuat pohon pun terancam mati. Bahkan bukan itu saja, disekitar akar kelima pohon tersebut tercium bau minyak tanah yang menyengat.

"Sudah sekitar satu minggu menguning. Ada bau minyak tanah juga. Sepertinya ini disengaja," ujar salah seorang petugas kebersihan bernama Yuli, Rabu (3/6/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Batanghari, Parlaungan, tampak berang saat mengetahui adanya pohon penghijauan yang mati tersebut.

"Ini pengrusakan lingkungan, ini taman kota. Fungsi pohon ini untuk penghijauan, malah dirusak. Saya doakan semoga pelaku diberi hidayah oleh Allah, amin," ujarnya.

Tak jauh dari kelima pohon penghijauan tersebut tampak pula ada baliho. Namun, saat disinggung terkait itu, Kadis LH enggan berbicara banyak.

"Kalau soal itu, saya no comment. Yang jelas ini terjadi karena disengaja. Pohon disunat, kemudian disiram minyak tanah. Setengah mati sudah ini. Kalau dibiarkan nanti pihak kami yang disalahkan. Padahal ulah orang yang tak bertanggung jawab," kesal Parlaungan.

Sementara itu, Fris, salah seorang petugas PLN Rayon Muara Bulian, mengaku pihaknya juga tidak tahu menahu soal kerusakan pohon tersebut.

"Kalau ini bukan kami yang melakukan. Semua petugas PLN pun sudah saya tanya satu persatu. Lagi pula, pohon ketapang ini sama sekali tidak mengganggu kabel PLN," pungkasnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments