Minggu, 5 Juli 2020

Rahima Ajak Kader Dharma Wanita Berjibaku Hadapi Covid-19


Kamis, 04 Juni 2020 | 11:37:22 WIB


/ istimewa / Humas Provinsi Jambi

JAMBI - Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori mengajak kader Dharma Wanita untuk berjibaku menghadapi Covid-19, turut serta menekan penyebaran Covid-19, dengan cara menerapkan dan menyosialisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Rahima menegaskan bahwa peran para ibu dalam menjaga kesehatan dan ketahanan keluarga sangatlah penting. Hal itu dikemukakan Rahima dalam Halal bi Halal Idul Fitri 1441 Hijriah secara virtual melalui aplikasi Zoom bersama Dharma Wanita Persatuan Pusat, Kamis (4/6) siang. DWP Provinsi Jambi mengikuti halal bi halal secara virtual tersebut di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yakni dengan tersedianya tempat untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, jumlah peserta yang dibatasi, dan menjaga jarak fisik.

Komunikasi virtual halal bihalal ini dihadiri oleh Penasehat DWP Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori, Ketua DWP Provinsi Jambi, Hj.Iin Kurniasih Sudirman, dan anggota DWP Provinsi Jambi. Halal bi halal secara virtual ini dilakukan bersama Ketua Umum DWP Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Sekretaris Jenderal DWP Pusat, Endang Atmaji , serta nara sumber Juru Bicara Pemerintah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

Penasehat DWP Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori usai mengikuti acara mengajak seluruh anggota masyarakat terutama anggota DWP Provinsi Jambi untuk turut serta berjibaku untuk menghadapi pandemi Covid-19.

”Hari ini kita mengikuti halal bi halal secara virtual bersama para pengurus DWP Pusat, tadi sudah kita dengarkan arahan dari Ibu Erni Guntarti Thahjo Kumolo, dan tentunya kita semua merasa prihatin karena perjumpaan kita hanya melalui virtual, tetapi ini tidak boleh menyurutkan semangat kita untuk tetap berbuat hal-hal terbaik untuk membangun bangsa, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Apalagi tadi seperti disampaikan oleh nara sumber Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto bahwa para ibu memiliki peranan yang sangat penting dalam memastikan keluarga terhindar dari Covid-19, dimana perilaku hidup bersih dan sehat dimulai dari dalam rumah, kalau kita kompak dan kita lakukan gerakan bersama, saya yakin kita akan mengakhiri pandemi ini,” ujar Rahima.

Ketua DWP Provinsi Jambi, Hj.Iin Kurniasih Sudirman juga menyampaikan hal senada, yakni mengharapkan agar DWP mampu menangkap pesan dari pengurus pusat, terutama secara bersama bertanggung jawab untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19. “Seperti disampaikan tadi bahwa peran ibu sangat penting untuk menjadi agen perubahan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Saya harap seluruh anggota DWP memiliki komitmen bersama untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan hal ini juga berarti menjadikan ibu untuk berperan dalam ketahanan keluarga,” kata Iin Kurniasih.

Sementara itu, Ketua Umum DWP Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan halal bi halal Idul Fitri 1441 Hijriah sebagai bentuk menjaga silahturahmi serta mengharap tidak mengurangi makna halal bi halal walaupun secara virtual. "Diharapkan melalui agenda halal bi halal ini kita bisa saling berbagi informasi saat kondisi pandemi karena Dharma Wanita harus tetap bisa menunjukkan karya serta bermanfaat untuk bersama," kata Erni.

Selanjutnya, ia berpesan pentingnya Dharma Wanita memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan agar masyarakat di daerah lebih memahami mengenai protokol kesehatan sehingga, masyarakat dengan sendirinya menjalani hidup sehat. "Imbauan protokol kesehatan harus terus kita sosialisasikan terkait pentingnya cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, memakai masker jika kita keluar rumah, menjaga jarak, dan jangan berkerumun," ujarnya.

Erni menambahkan, Dharma Wanita berupaya mengedukasi masyarakat di lingkungan masing-masing, untuk itu Dharma Wanita se Indonesia harus bekerja sama untuk memasyarakatkan protokol kesehatan. "Jangan lupa sosialisasi ini dimulai dari lingkungan keluarga kita sendiri," tutupnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Humas Provinsi Jambi


comments