Sabtu, 19 September 2020

SKK Migas-PetroChina Serahkan 1.000 Paket Sembako ke Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi


Minggu, 14 Juni 2020 | 20:25:03 WIB


Penyerahan bantuan 1000 paket sembako ke Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi
Penyerahan bantuan 1000 paket sembako ke Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi / Humas SKK Migas Sumbagsel

 JAMBI - SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. menyerahkan bantuan 1.000 paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Provinsi Jambi pada hari Kamis, 11 Juni 2020.

Pada kesempatan ini, Government and Relations Superintendent PetroChina Jabung Saipul menyerahkan bantuan kepada Koordinator Logistik Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi M. Dalmanto. Beberapa karyawan PetroChina, termasuk Community Development Supervisor Lasno, Formality Supervisor Anjas, Formality Supervisor Fauzan Ibrahim dan Community Development Officer Sarbani turut serta dalam acara penyerahan bantuan yang berlangsung di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi ini.

Tiap paket bahan pokok yang diberikan oleh SKK Migas-PetroChina Jabung ini terdiri dari lima kilogram beras, satu kilogram gula pasir, dua liter minyak goreng, satu kilogram tepung terigu, mie instan, susu kental manis, teh celup, margarin, sarden kaleng, kecap asin dan kecap manis.

Saipul menyebutkan bahwa PetroChina berharap bantuan ini dapat dinikmati oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan. “Ini adalah paket bantuan keempat yang diserahkan PetroChina kepada pemerintah daerah. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat Provinsi Jambi yang terdampak Covid-19,” ujar Saipul.

Sebelumnya, pada tanggal 3 Juni 2020, SKK Migas-PetroChina Jabung telah menyerahkan 9.000 masker kain kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Agus Sanusi. Pada hari yang sama, SKK Migas-PetroChina Jabung juga menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 kepada Kodim 0419 Tanjung Jabung, yang diwakili oleh Komandan Kodim Letkol Inf. Erwan Susanto.

Bantuan terdiri dari 2.000 masker kain, 20 botol sabun cuci tangan, 40 bungkus sabun cuci tangan isi ulang, dua unit hand sprayer, delapan paket cairan disinfektan, dua unit kipas angin blower air, dua set tenda lipat, 500 lembar leaflet, empat unit thermo gun dan 10 unit fasilitas hand washing.

Selanjutnya, pada tanggal 4 Juni 2020, SKK Migas-PetroChina Jabung juga menyerahkan bantuan berupa perlengkapan sholat dan uang santunan kepada 50 anak yatim piatu di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Sementara itu, di Jakarta, SKK Migas-PetroChina telah menyumbangkan 10.000 masker medis kepada Kementerian Tenaga Kerja pada bulan Mei. Perusahaan induk KKKS PetroChina, China National Petroleum Corporation (CNPC), juga menyalurkan bantuan berupa 60.000 masker medis untuk pekerja kesehatan melalui SKK Migas dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada bulan yang sama.

Vice President Human Resources & Relations PetroChina Dencio Renato Boele menyampaikan bahwa PetroChina akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah terkait penyaluran bantuan penanganan Covid-19.

“Program-program bantuan penanganan Covid-19 yang telah dilakukan oleh PetroChina menunjukkan kepedulian PetroChina terhadap masyarakat terdampak Covid19 di Indonesia. Selain itu, PetroChina juga memberikan dukungan serius bagi tenaga medis Indonesia dalam upaya penanggulangan Covid-19. Tentu saja kami akan terus melakukan koordinasi agar menjamin program bantuan ini tepat sasaran dan dapat meringankan beban masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” jelas Dencio.

Di tempat berbeda, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada KKKS PetroChina International Jabung Ltd. hal ini tentunya atas kontribusi yang diberikan oleh KKKS PetroChina dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sejak awal diumumkannya pasien pertama virus ini di Indonesia.

"Ini merupakan bentuk kepedulian, mungkin memang jumlahnya tak cukup banyak jikalau tolak ukurnya adalah masyarakat se Provinsi Jambi, namun kami berharap ini akan memberi manfaat besar bagi masyarakat di sana. Selain itu pula masing-masing KKKS kami juga telah menyalurkan bantuan baik alat kesehatan maupun sembako di daerah Kabupaten/Kota wilayah kerja perusahaan," ujar Adiyanto.

Adiyanto juga menambahkan agar KKKS PetroChina tetap konsisten menjaga kesehatan, kebersihan dan keselamatan pekerja dalam berkegiatan. Selain itu, ia mengharapkan agar protokol Covid-19 dijalankan dengan sebaik-baiknya sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh KKKS saja namun juga bagi masyarakat, pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya terlebih yang melakukan interaksi langsung selama pandemi ini.

Manajemen PetroChina terus berkoordinasi dengan SKK Migas dan institusi kesehatan terkait dalam penanganan Covid-19 di Jakarta dan di Jambi. (*)


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments