Minggu, 29 November 2020

Cukup Klik Mobile JKN, Urusan Administrasi JKN-KIS Selesai


Senin, 12 Oktober 2020 | 11:20:58 WIB


/ bpjs-kesehatan.go.id

JAMBI - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan inovasi yang mempermudah masyarakat dan peserta JKN-KIS dalam mengakses pelayanan baik di fasilitas kesehatan maupun di kantor BPJS Kesehatan. Inovasi tersebut bernama aplikasi Mobile JKN.

Kepala Cabang BPJS Jambi Rizki Lestari mengatakan, di era serba digital ini, Mobile JKN mempermudah urusan akses pelayanan kesehatan secara praktis dalam genggaman tangan.

"Sehingga tidak perlu lagi mengantre di kantor BPJS Kesehatan. Masyarakat hanya perlu mengakses JKN Mobile melalui ponsel saja, yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja," ujarnya, Senin (12/10/2020).

Miftahul Amin (28), salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas dua mengungkapkan, ia tak lagi khawatir JKN-KIS miliknya hilang, sebab ada kartu digital yang tersedia di Mobile JKN.

“JKN-KIS milik saya memang sempat hilang, untung ada Mobile JKN. Karena belum sempat mengurus cetak kartu yang baru, saya tenang masih ada kartu digital di Mobile JKN. Saat itu ada keluarga saya yang dilarikan ke salah satu rumah sakit swasta, karena kondisi darurat tidak sempat membawa kartu JKN-KIS, untunglah ada kartu digital ini, urusan administrasi rumah sakit bisa dilayani saat itu juga tinggal menunjukkan dari Smartphone kita," tuturnya.

Menurut Amin, adanya Mobile JKN ini wujud kemudahan akses informasi maupun akses pelayanan kesehatan yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Ia mengaku mendapat informasi diluncurkannya aplikasi ini dari media sosial BPJS Kesehatan. Tak mau ketinggalan, ia pun mengunduh Mobile JKN dan mencoba fitur-fitur di dalamnya.

“Ternyata banyak fitur yang mempermudah peserta JKN-KIS seperti saya dalam akses informasi. Saya rutin cek tagihan iuran di Mobile JKN, sebagai pengingat kita dalam kewajiban membayar iuran setiap bulannya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, selain melalui Mobile JKN, peserta JKN-KIS dapat mengakses layanan JKN-KIS lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, Chat Assistant JKN (Chika), Voice Interactive JKN (Vika), hingga media sosial resmi BPJS Kesehatan.

Masyarakat hanya perlu mengakses JKN Mobile melalui ponsel saja, yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Aplikasi JKN Mobile ini dapat diunduh melalui aplikasi Play Store dan Apple Store. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi Apple Store atau Play Store, kemudian cari dan download aplikasi mobile JKN dengan logo seperti dibawah ini.

2. Setelah terinstall, klik menu Pendaftaran Pengguna Mobile untuk masuk di halaman registrasi.
- Menu Pendaftaran Peserta Baru untuk pendaftaran peserta PBPU/Mandiri
- Menu Login apabila sudah pernah melakukan registrasi di aplikasi Mobile JKN

3. Proses registrasi dengan memasukan data :

No Kartu BPJS

No KTP/NIK

Tanggal Lahir

Nama Ibu Kandung

Lalu klik “Register”

Password

Konfirmasi Password

No. HP

Email (masukan kode verifikasi)

4. Setelah berhasil registrasi, akan muncul kotak dialog
Klik Oke untuk kembali ke halaman login

5. Masukkan no kartu/ email/ username dan password yang sudah terdaftar serta Captcha yang sesuai dengan gambar. Lalu klik Login untuk masuk ke halaman utama apps.

Sedangkan, cara daftar Peserta Baru untuk pendaftaran peserta PBPU/Mandiri, yaitu

1. Pada menu klik 'Pendaftaran Peserta Baru'

2. Kemudian anda diminta untuk membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang telah dituliskan, dengan memilih kata 'saya setuju'.

3. Kemudian anda diminta untuk memasukkan NIK anda yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk, kemudian pilih cari.

4. Kemudian aplikasi akan menampilkan data peserta beserta keluarga sesuai dengan yang telah tercatat di arsip Dukcapil

Apabila data anda tidak ditemukan maka anda harus segera ke kantor BPJS terdekat, dengan membawa Kartu Keluarga untuk memperbaharui data.

5. Kemudian anda diminta untuk mengisi kolom tentang data pribadi, serta memilih faskes dan faskes gigi.

Isi data anda dengan benar, cek kembali data yang telah anda masukan sebelum anda melanjutkan proses pendaftaran.

6. Kemudian isikan email aktif yang anda gunakan untuk melakukan pendaftaran, kemudian tekan tombol 'simpan'.

7. Kemudian nomor verifikasi JKN Mobile akan masuk pada pesan email anda, cek dan masukkan nomor verifikasi tersebut ke pop up aplikasi JKN KIS, kemudian tekan tombol verifikasi.

8. Kemudian peserta akan menampilkan data pribadi akun yang didaftarkan, dan secara otomatis JKN KIS Mobile akan mengirimkan nomor akun virtual kepada seluruh keluarga melalui email.

9. Nomor akun virtual digunakan untuk membayar iuran BPJS, anda dapat membayar tagihan iuran melalui berbagai jenis metode pembayaran misalnya ATM, Indomaret, traveloka, gojek dan channel pembayaran lainnya.

Cara di atas dapat anda akses kapan saja dan dimana saja hanya melalui ponsel dengan koneksi internet. Hal ini dapat menghemat dan mempermudah masyarakat dalam mengakses BPJS kesehatan ini.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments