Rabu, 8 Februari 2023

Mobil Selundupan Lolos Pelabuhan Roro, Kadishub Malah Terkejut

Jumat, 25 Desember 2020 | 13:35:29 WIB


Diduga mobil selundupan saat diperiksa Polres Tanjabbar
Diduga mobil selundupan saat diperiksa Polres Tanjabbar / eko

KUALATUNGKAL - Enam mobil jenis sedan yang diduga selundupan dari Batam pada Selasa (22/12/2020) lalu masuk ke Pelabuhan Roro, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar). Namun, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) setempat mengaku tak mengetahuinya, bahkan ia justru terkejut.

“Saya baru tahu informasi ini,” kata Kadishub Tanjabar, Syamsul Jauhari, Jumat (25/12/20) kepada awak media.

Syamsul menegaskan, pihaknya selaku penyedia fasilitas penyeberangan untuk pemberangkatan dan kedatangan Kapal Roro, tak memiliki kewenangan untuk pemeriksaan.

"Pemeriksaan kelengkapan kendaraan ada tim gabungan, seperti kepolisian, KSKP. Muatan yang dibawa, ada tim bea cukai yang melakukan pemeriksaan," ujarnya.

Dirinya mengaku tidak mengetahui bagaimana prosedur di Batam, sehingga mobil yang diduga selundupan itu bisa lolos. "Kalau mobil golongan IV, seperti mobil minibus, itu bukan tugas kita yang memeriksanya,” ujarnya.

Namun kata dia, mobil yang melakukan penyeberangan itu harus memenuhi beberapa persyaratan.

“Kalau golongan V, seperti truk, seperti biasa yang kita seberangkan dari Pelabuhan Roro Tungkal ke Batam harus lengkap, ada surat jalan dan sebagainya. Begitu juga muatan yang dibawa, diperiksa oleh tim gabungan," ungkapnya.


Penulis: eko
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments