Sabtu, 28 Januari 2023

Penangkapan 6 Mobil Diduga Selundupan di Tungkal, Tujuh Orang Diamankan, Satu Positif Narkoba

Sabtu, 26 Desember 2020 | 21:25:41 WIB


Mobil diduga selundupan yang diamankan Polres Tanjabar
Mobil diduga selundupan yang diamankan Polres Tanjabar /

KUALA TUNGKAL-- Enam mobil diduga selundupan dari Batam yang diamankan Polres Tanjab Barat ternyata mesinnya juga dimodifikasi.

Kapolres Tanjabar AKBP Guntur Saputro mengatakan mobil yang diduga selundupan tersebut dimodifikasi mesinnya untuk mengelabui para petugas di pelabuhan.

"Mobil ini sudah dimodifikasi, mesinnya untuk mobil empat pintu," katanya kepada wartawan, Sabtu (26/12/2020)

Menurut Guntur, mobil tersebut memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Namun warna pada STNK tidak sesuai dengan warna fisik kendaraan. "Warnanya tidak sesuai," ujarnya.

Saat ini mobil tersebut berada di Mapolres Tanjabar. Mobil itu ditangani satuan lalulintas. "Dikenakan tilang kendaraan," sebutnya.

Polres Tanjabar saat ini sedang melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pengecekan fisik kendaraan. Baik itu kerangka mesin maupun nomor seri mesin.

"Kita koordinasi dengan pihak terkait yang memiliki wewenang untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut," ucapnya.

Tujuh orang diamankan dalam kasus ini. Enam merupakan pengendara dan satu orang teknisi. "Ada tujuh orang yang kita amankan," ucapnya.

Yang mengejutkan, dari tujuh orang yang diamankan tersebut satu diantaranya dinyatakan positif menggunakan narkotika jenis sabu. Hal itu berdasarkan hasil uji tes urine yang dilakukan polisi.

"Satu positif sabu, karena barang bukti sabu tidak ada makanya kita rekomendasi ke BNN untuk rehab," ujarnya.

Belum diketahui identitas tujuh orang yang diamankan polisi dalam kasus tersebut. Termasuk status mereka. Apakah masih saksi atau sudah menjadi tersangka. Identitas yang dinyatakan positif narkoba juga belum jelas. Apakah salah satu sopir atau mekanik.

Saat dikonfirmasi ulang terkait ini, Guntur tak menjawab. Pertanyaan metrojambi.com lewat whatsapp sepertinya hanya dibaca dengan tanda centang dua.

Guntur juga tak menjawab terkait izin jalan kendaraan hingga bisa masuk ke Tungkal. Termasuk apakah mobil tersebut mobil khusus zona Batam yang tidak boleh keluar Batam, kemudian dimodifikasi rangka mesin dan nomor polisinya hingga bisa keluar dari Batam. Pertanyaan Metrojambi.com seputar penangkapan mobil lewat WhatsApp tak dibalas.

Pantauan Metrojambi.com di Mapolres Tanjabar, sebanyak enam mobil jenis sedan terparkir di Satuan Lalulintas (Satlantas).

1. Mobil jenis sedan warna kuning dengan nomor polisi F 1382 PM warna kuning. Namun nomor polisi itu tidak sama dengan nomor polisi saat mobil tersebut masuk ke dalam kapal. Data yang di peroleh metrojambi untuk mobil satu ini saat kendaraan ini masuk kapal nomor polisinya yakni F 21832 PM. Mobil ini bermesin Honda.

2. Mobil jenis sedan warna putih dengan nomor polisi B 1081 S. Nomor ini sesuai dengan nomor polisi saat mobil masuk ke dalam kapal dari Batam. Mobil ini didaftar masuk kapal atas nama Yoza. Mobil ini menggunakan mesin Honda.

3. Kemudian mobil jenis sedan warna Biru B 1298 VEO. Mobil ini pun sama nomor saat masuk kapal sama atas nama Irfan. Mobil menggunakan mesin BMW.

4. Selanjutnya, mobil sedan warna kuning B 1397 UEO, juga sama nomor polisinya, atas nama Heru. Mobil ini juga menggunakan mesin Honda.

5. Kemudian, warna Biru B 968 BO nomor polisi nya sama dengan atas nama Nafis saat masuk kapal. Mobil ini menggunakan mesin Honda.

5. Terakhir, warna Hitam Dove B 1887 KBE. Nomor polisi saat masuk kapal juga sama dengan atas nama Sulis. Mobil ini juga menggunakan mesin Honda.


Penulis: eko
Editor:


TAGS:


comments