Selasa, 27 September 2022

Telunnya Gak Berasap Lagi, Dong...

Dinas LH Akui Setujui Amdal PLTA Telun Berasap

Selasa, 09 Februari 2021 | 11:27:01 WIB


Air Terjun Telun Berasap
Air Terjun Telun Berasap / istimewa

JAMBI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi mengakui sudah menyetujui kajian Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) PLTA Telun Berasap, Kabupaten Kerinci. Persetujuan diberikan setelah mereka melakukan kajian dari berbagai aspek, termasuk wisata dan lingkungan.

" Amdalnya sudah disetujui, isi dan ketentuannya. Tapi saya nggak hapal detail secara teknis, harus buka dokumennya dulu. Kasih waktu untuk itu," ujar Kabid Tata Lingkungan Linda kepada Metro Jambi, Senin (8/2/2021).

Dia mengatakan, segala sesuatu dalam Amdal sudah dikaji dari berbagai aspek --tidak hanya wisata, melainkan juga aspek ekonomi dan lingkungan sosial. Menurut Linda, PT Salsabila Hydro Energy selaku pengelola PLTA berkomitmen mempertahankan air terjun itu tetap berasap.

" Kecuali kalau di musim kemarau, memang tidak akan bisa berasap," katanya.
Secara terpisah, anggota DPRD Provinsi Jambi asal Kerinci, Fadli Sudria, menyatakan mendukung investasi ke daerah asalkan sesuai aturan. Namun, dalam kasus PLTA Telun Berasap yang mengancam potensi wisata air terjun ikonik Provinsi Jambi itu, dia menolak.

" Ketika ada investasi di lokasi Dapil kita, ya, welcome, tentu sesuai hukum berlaku. Lingkungan harus mereka perhatikan, perjanjian dengan Pemda terkait objek wisata juga harus dipertimbangkan," ujar Sekretaris Komisi III ini.


Penulis: rna/mrj
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments