Minggu, 23 Januari 2022

Perketat Siaga Karhutla

Pemerintah Buka Posko, Siapkan Embung, Sumur Bor dan Pemadam Terlatih

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:37:23 WIB


Ketua DPRD Edi Purwanto bersama Kapolda pantau kesiapan pencegahan karhutla
Ketua DPRD Edi Purwanto bersama Kapolda pantau kesiapan pencegahan karhutla / istimewa

Kapolda dan rombongan mengecek kanal air di Desa Puding, Kecamatan Kumpeh, Muarojambi. “Di wilayah ini sudah dua kali terjadi kebakaran besar pada 2015 dan 2019,” kata Rachmad Wibowo, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya, wilayah tersebut cukup sulit dijangkau karena itu perlu menjaga tinggi muka air tanah agar bisa membasahi lahan-lahan yang kering di sekitarnya. “Bukan di titik ini saja. Ada delapan lokasi yang akan direvitalisasi kanalnya,” katanya.

Hotspot di Konsesi Perusahaan

Sekretaris BPBD Batanghari Samral Lubis menyebutkan, untuk mengantisipasi kebakaran tahun ini, pihaknya menyiapkan posko di delapan kecamatan. “Agar setiap hari dapat terpantau oleh petugas. Sementara untuk perusahaan jika melakukan pembakaran sanksinya jelas," tukas Samral.

Dijelaskannya, selain lahan masyarakat, kebakaran di Batanghari juga terjadi di areal konsesi perusahaan. Pada 2019, luasnya karhutla di daerah itu mencapai 2.190 hektar dengan 612 titik api.

"Sedangkan pada 2015, luasnya mencapai 3.513 hektar, dimana kemarau dibarengi El Nino. Kesulitan saat itu adalah kurangnya sumber air dan akses lokasi,” ujarnya, kemarin. 


Penulis: rna/chy/eko/nng/mok/nov
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments