Minggu, 23 Januari 2022

Perketat Siaga Karhutla

Pemerintah Buka Posko, Siapkan Embung, Sumur Bor dan Pemadam Terlatih

Rabu, 03 Maret 2021 | 11:37:23 WIB


Ketua DPRD Edi Purwanto bersama Kapolda pantau kesiapan pencegahan karhutla
Ketua DPRD Edi Purwanto bersama Kapolda pantau kesiapan pencegahan karhutla / istimewa

Secara terpisah, Kasat Reskrim Polres Tanjabbar AKP Jan Manto Hasiholan mengatakan bahwa sejak 2019 pihaknya intensif memproses pelaku pembakar hutan dan lahan sejak 2019. Periode 2019-2020 ada enam kasus dengan enam tersangka.  

Sementara BPBD Tanjung Jabung Timur mencatat 10 kecamatan rawan karhutla.  Kabid Kedarudatan dan Logistik BPBD Tanjabtim Indra S Gunawan mengatakan, 10 kecamatan rawan karhutla ini dinyatakan rawan karena memiliki lahan gambut dan lahan tidur. 

BPBD, kata dia, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat bersama dengan TNI dan Polri. “Kita ingin 2021 bebas asap," katanya.

BPBD juga menjadwalkan patroli rutin di sejumlah kecamatan. Seperti di Kecamatan Berbak dan Sadu. Bahkan personel tidak diperbolehkan meninggalkan lokasi kerja. "Di Berbak ada lima personel dan Sadu tujuh personel," katanya.

Sedangkan Pemkab Tebo saat ini tengah menunggu instruksi BMKG Provinsi Jambi terkait penetapan kesiagaan karhutla. Namun, Bupati Tebo Sukandar menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan dana tidak terduga bila sewaktu-waktu diperlukan untuk penanganan karhutla.

“Pemkab bisa menggunakan anggaran tidak terduga yang telah disiapkan sebesar Rp 5 miliar," ucap Sukandar.


Penulis: rna/chy/eko/nng/mok/nov
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments