Selasa, 30 November 2021

Peralihan Musim, Warga Diminta Waspada Bencana

Senin, 08 Maret 2021 | 08:34:59 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 SUNGAI PENUH - Memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sungai Penuh menghimbau masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan.

Sebab saat peralihan musim rawan terjadi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat disertai petir, angin kencang dan puting beliung yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana banjir dan longsor.

Pantauan Metrojambi, dalam beberapa hari terakhir terlihat tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Kota Sungai Penuh, hingga membuat sejumlah ruas jalan terendam dan aliran sungai meningkat.

"Beberapa terakhir ini intensitas hujan sangat tinggi di Sungai Penuh, beberapa ruas jalan terendam banjir akibat drainase meluap," kata Edi salah seorang warga Sungai Penuh.

Kepala BPBD Kota Sungai Penuh Abrardani mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bencana hidrometeorologi diprediksi masih akan terjadi hingga satu bulan ke depan. Makanya, warga harus terus waspada.

“Di Kota Sungai Penuh terdapat 5 kecamatan yang dipetakan menjadi daerah rawan bencana, untuk daerah rawan banjir berpotensi terjadi di Kecamatan Koto Baru, Hamparan Rawang, Tanah Kampung dan Kecamatan Kumun Debai. Sedangkan untuk daerah rawan longsor berada di Kecamatan Sungai Bungkal,” jelas Abrardani, belum lama ini.

Dikatakannya, dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi ini, selain memberikan himbauan kepada masyarakat melalui masjid maupun fasilitas umum lainnya, pihaknya juga telah menyiapkan tim khusus yang terdiri dari anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk selalu siap siaga.

“Tim yang disiapkan ini juga akan melakukan patroli rutin untuk menyampaikan himbauan kewaspadaan terkait cuaca ekstrim yang diprediksi akan terjadi,” katanya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments