Selasa, 16 Agustus 2022

DPRD Muarojambi Dukung Revitalisasi Sekat Kanal

Minggu, 04 April 2021 | 10:15:19 WIB


Ulil Amri, Anggota DPRD Muaro jambi
Ulil Amri, Anggota DPRD Muaro jambi / istimewa

SENGETI -  Maraknya penebangan kayu ilegal di Desa Betung, Kecamatan Kumpehilir, tepatnya di lahan HPH PT Pesona Belantara Persada  (PBP), membuat Polda Jambi turun langsung ke lokasi.

Puluhan kubik kayu illegal yang sudah diolah maupun masih berbentuk balok, yang ditemukan aparat keamanan di Sarkel KM 17 dan KM 8, telah dikeluarkan.

Tak hanya membasmi illegal logging, dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan Polda Jambi bersama jajaran nya melakukan revitalisasi sekat kanal.

Namun upaya ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu dukungan dari semua pemangku kepentingan. Dilakukannya revitalisasi sekat kanal ini guna memperlambat laju arus air, dengan upaya tersebut air bisa masuk ke lahan gambut.

Anggota DPRD Muaro jambi yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PAN, Ulil Amri saat dikonfirmasi mengaku siap mendukung langkah yang diambil Polda Jambi, dalam upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Saya sangat apresiasi dan mendukung langkah yang diambil Kapolda Jambi, yang begitu tegas dan cepat melakukan upaya penanganan karhutla dan illegal logging di Muarojambi. Dengan begitu pembalakan dan kebakaran hutan dan lahan dapat di antisipasi," katanya

Menurutnya, kegiatan revitalisasi sekat kanal yang dilakukan Polda Jambi, sangat bagus dilakukan. Dia pun siap mendorong agar dialokasikan anggaran untuk kepentingan revitalisasi tersebut.

"Kalau kita di dewan siap menganggarkan untuk revitalisasi itu, apalagi manfaatnya cukup besar. Hanya saja yang perlu dikaji adalah apakah boleh dianggarkan melalui APBD mengingat kanal itu berada di kawasan HPH, itu yang perlu kita kaji bersama," sebutnya.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments