Sabtu, 23 Oktober 2021

Giliran Batanghari Digoyang Gempa

Rabu, 16 Juni 2021 | 09:11:04 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 MUARABULIAN – Gempa kembali terjadi di Provinsi Jambi. Setelah di Kabupaten Merangin pada Senin (14/6) lalu, giliran warga Batanghari yang merasakan adanya getaran gempa. Kali ini berkekuatan 3,8 skala Richter (SR).

Sekretaris BPBD Batanghari Samral Lubis mengatakan, gempa terasa di Desa Jebak, Kecamatan Batin XXIV. “Berdasarkan info yang kami terima dari BMKG lokasinya itu di Senami, masuk wilayah Desa Jebak," katanya Selasa (15/6) malam.

Informasi dari BMKG, gempa terjadi pada pukul 18.20 WIB di kedalaman 10 kilometer. Sesuai data yang didapat BPBD Batanghari, titik gempa berlokasi 1.86 Lintang Selatan, 103.18 Bujur Timur atau 20 kilometer di sisi tenggara Batanghari.

Gempa di Batanghari terbilang langka karena selama ini wilayah bagian timur Provinsi Jambi tergolong aman. Samral menyebutkan, gempa pernah terjadi di Batanghari sekitar tujuh tahun silam, dengan kekuatan yang lebih besar.

“Kala itu berkekuatan hampir 5 SR. Tetapi tidak ada rumah atau bangunan yang terdampak. Paling kalau ada hanya retak saja,” katanya.

Menurut Samral, gempa yang terjadi pada Selasa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di wilayah setempat dan tidak berpotensi tsunami. “Bukan hanya di Batanghari, di Merangin juga,” katanya. 

Karena itu, Samral mengimbau masyarakat tidak panik dan tetap tenang. “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya.

Dia meminta masyarakat memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup kuat sehingga tahan gempa. “Jangan percaya isu. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG dan BPBD," tambahnya.

Muhayat, warga yang saat gempa terjadi sedang berada di Senami, mengatakan bahwa dia malah tidak merasakannya. “Saya saja baru tahu. Padahal saya di sana sejak siang sampai malam,” katanya.

Diakatannya, sekitar pukul 18.00 WIB dia berada di Pos Pamhut LH Batanghari yang berada di kawasan hutan Senami. Teman-temannya juga tidak merasakan.

Sebelumnya, Senin (14/6), sekitar pukul 18.46, gempa berkekuatan 4,3 SR terasa di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Merangin. Di antaranya di Kecamatan Pamenang dan Kecamatan Bangko. Tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa.

Selain di Provinsi Jambi, gempa juga terjadi di beberapa kabupaten dalam Provinsi Bengkulu sekitar pukul 21.16 WIB tadi malam. BMKG merilis, gempa di Bengkulu berkekuatan 5,2 SR yang antara lain terasa di Kabupaten Seluma, Kota Bengkulu, Kaur, Manna, Curup, Kepahiang, dan Liwa.


Penulis: Achy
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments