Sabtu, 23 Oktober 2021

PT Reki Diserang, Dua Bangunan Dibakar, Satu Dirusak

Jumat, 18 Juni 2021 | 19:15:07 WIB


Salah satu bangunan milik PT Reki yang dirusak warga
Salah satu bangunan milik PT Reki yang dirusak warga / Metrojambi.com

JAMBI - Sejumlah bangunan milik PT Restorasi Ekosistem Indonesia (Reki) yang menguasai areal hutan seluas 98.555 hektare di Jambi-Sumsel kembali diserang warga. Penyerangan dilakukan di sekitar kawasan Simpang Macan dan Kunangan Jaya, Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

Sumber Metrojambi.com di lokasi kejadian mengatakan, penyerangan terjadi setelah PT Reki mencoba mengusir warga yang sedang melakukan perbaikan jalan kebun pada Rabu (16/6) siang. Sempat terjadi ketegangan, sebelum warga bersedia mundur dan membuat surat pernyataan.

Namun, pada malamnya, puluhan massa mendatangi Pos Simpang Macan, gerbang utama kawasan PT Reki di wilayah Jambi. Petugas jaga yang kalah jumlah tidak bisa berbuat apa-apa. Bahkan, dua orang petugas sempat disandera dan tidak bisa dihubungi.

Tak lama kemudian, pohon pulai berukuran besar di depan bangunan pos yang berupa rumah panggung itu ditebang dengan gergaji besi. Pohon tersebut ambruk dan menimpa bangunan tersebut hingga hancur.

Informasinya, tidak puas merusak bangunan tersebut, warga merangsek ke Pos Kandang yang berjarak sekitar 3 kilometer, dan Pos 51 yang berjarak sekitar 10 kilometer. Kedua pos ini dibakar hingga rata dengan tanah.

Sejak kejadian itu suasana di basecamp PT Reki sempat mencekam. Sejumlah aparat dari Polres Batanghari diterjunkan untuk membantu pengamanan.

Belum ada keterangan resmi dari kepolisian dan dan manajemen PT Reki. Direktur Operasional PT Reki Adam Aziz yang dihubungi malam ini menyatakan sedang menyiapkan siaran pers terkait konflik perusahaannya dengan masyarakat lokal.


Penulis: mrj/chy
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments