Jumat, 30 Juli 2021

ASN Pemkab Tebo Banyak Ajukan Mutasi ke Luar Daerah

Senin, 21 Juni 2021 | 10:39:56 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

MUARATEBO - Sejak Januari 2021, terdapat 14 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo mengajukan mutasi pindah keluar daerah.

Kepala BKPSDM Kabupaten Tebo Hariyadi mengatakan, jumlah ini terhitung meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya ada 6 ASN mutasi pindah.

Sementara jumlah ASN yang datang atau pindah dari daerah lain ke Tebo, hanya terdapat satu orang. Jumlah ini sama dengan tahun sebelumnya.

"Tahun ini sejak Januari sampai bulan ini ada 14 orang ASN yang mutasi pindah dan itu sudah keluar SK nya. Sedangkan yang datang hanya satu orang," jelas Hariyadi.

Menurutnya, pengajuan pindah paling banyak dari Tebo ke provinsi, disusul antar kabupaten. Namun ada juga yang mutasi ke provinsi tetangga.

"Rata-rata alasannya itu karena mereka berjauhan dengan keluarga. Misalnya istri atau suaminya beda kabupaten. Kadang kita kasihan juga kalau bertahun-tahun berjauhan dan memang sudah sesuai syaratnya," ungkapnya.

Meski demikian, menurutnya ada beberapa ASN yang pengajuan mutasinya ditolak dengan beberapa alasan. Apalagi belum sesuai ketentuan dan syarat untuk mutasi.

"Ada beberapa yang kita tolak. Alasannya juga berbeda-beda. Mungkin jumlah itu masih bakal bertambah karena ada yang masih proses dan belum keluar apakah diterima atau ditolak," katanya.


Penulis: Suci
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments