Rabu, 27 Oktober 2021

Bersaksi di Persidangan, Ihsan Yunus Bantah Temui Juliari Batubara di Kantor Kementerian Sosial

Senin, 21 Juni 2021 | 16:14:54 WIB


Anggota Komisi II dari fraksi PDI-Perjuangan Ihsan Yunus menjadi saksi untuk mantan Menteri Sosial Juliari Batubara di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (21/6).
Anggota Komisi II dari fraksi PDI-Perjuangan Ihsan Yunus menjadi saksi untuk mantan Menteri Sosial Juliari Batubara di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (21/6). / Desca Lidya Natalia / Antara

JAKARTA - Anggota Komisi II dari Fraksi PDI Perjuangan Ihsan Yunus membantah pernah menemui mantan Menteri Sosial Juliari Batubara di Kantor Kementerian Sosial.

“Tidak pernah bertemu di Kantor Kemensos,” kata Ihsan Yunus di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin.

Ihsan Yunus menjadi saksi untuk terdakwa mantan Menteri Sosial Juliari Batubara yang didakwa menerima suap Rp32,482 miliar dari 109 perusahaan penyedia bansos COVID-19.

Baca juga : Ihsan Yunus Akui Ingin Berpartisipasi Dalam Program di Kemensos

“Seingat saya, saya ke Kemensos itu ke lantai 2 untuk berkoordinasi dengan pak Sekjen, tidak bertemu yang lain selain pak Sekjen,” ungkap Ihsan.

“Jadi tidak pernah sebelumnya ke tempat terdakwa?” tanya jaksa penuntut umum KPK Ikhsan Fernandi.

“Tidak pernah,” jawab Ihsan.

Namun mantan ajudan Juliari, yaitu Eko Budi Santoso mengatakan Ihsan Yunus pernah bertemu dengan Juliari saat masih menjabat sebagai Menteri Sosial.

“Saya pernah lihat pak Ihsan Yunus bertemu dengan pak Juliari, saat itu bapak tidak ada jadwal untuk bertemu dengan pak Ihsan, tapi saat itu saya lihat pak Ihsan lewat di depan kantor dan minta untuk bertemu,” kata Eko yang juga dihadirkan sebagai saksi.

Menurut Eko, saat itu Juliari sedang bersiap-siap untuk melakukan sidak ke lapangan.

“Jadi bertemu tapi itu tidak lama, karena pak Juliari mau sidak ke lapangan, kalau tidak salah bulan Mei atau Juni,” tambah Eko.

Eko menyebut tidak ada pertemuan lain antara Juliari dan Ihsan Yunus. “Hanya sekali itu saja pertemuannya karena tidak ada janji,” ungkap Eko.

Atas pernyataan Eko tersebut, Ihsan pun akhirnya membenarkan ia pernah bertemu dengan Juliari.

“Saat itu saya sampaikan ‘kita sudah 3 kali reses tapi belum ada program’. Katanya pak Menteri ‘ya sudah nanti bicara lagi’ karena pak Menteri ada kegiatan, tidak ada pembicaraan bansos sembako,” kata Ihsan Yunus. Sedangkan pada sidang 14 Juni 2021, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial M Syafii Nasution menyebut Juliari Batubara punya kedekatan dengan bekas Wakil Ketua Komisi VIII dari Fraksi PDI Perjuangan Ihsan Yunus.

“Saya mengetahui bahwa saudara Ihsan Yunus sangat dekat dengan pak Menteri Juliari Batubara dan saya juga mengetahui bahwa saudara Ihsan Yunus sering bertamu ke ruangan pak Menteri,” kata jaksa saat membacakan keterangan Syafii.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments