Kamis, 21 Oktober 2021

Gubernur Sebut Muarojambi Daerah Pertumbuhan Baru Ekonomi Jambi

Rabu, 21 Juli 2021 | 09:10:42 WIB


Gubernur Jambi Al Haris
Gubernur Jambi Al Haris / Antara

 JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris menyatakan Kabupaten Muarojambi sebagai daerah pertumbuhan baru perekonomian di Provinsi Jambi.

"Kabupaten Muarojambi bukan hanya sebagai Kabupaten penyangga bagi Kota Jambi tetapi sebagai daerah pertumbuhan baru bagi ekonomi Provinsi Jambi," kata Gubernur Jambi Al Haris, Selasa.

Alasan Kabupaten Muarojambi sebagai daerah pertumbuhan baru perekonomian di Provinsi Jambi karena di daerah itu merupakan kawasan industri yang dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Jambi.

Selain itu di Kabupaten Muarojambi terdapat dua perguruan tinggi negeri yakni Universitas Jambi (Unja) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Menurut Al Haris Kabupaten Muarojambi memiliki potensi ekonomis yang strategis. Sebagai kabupaten yang berbatas langsung dengan Kota Jambi di harapkan pembangunan perekonomian dapat bergeser ke wilayah Muarojambi.

Pemerintah Provinsi Jambi merencanakan pusat perekonomian tiga kabupaten, yakni Kabupaten Muarojambi, Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur dengan pusatnya berada di Sengeti, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi. Selain itu Pembangunan jalan tol di wilayah Provinsi Jambi turut melintasi wilayah Muarojambi yang di harapkan dapat berdampak positif terhadap pembangunan ekonomi di Muarojambi.

"Kepada OPD terkait pastikan pembangunan jalan tol tidak terkendala, baik itu dari pembebasan lahan hingga pendukung pembangunan lainnya," kata Al Haris.

Selain itu Gubernur Jambi turut meminta Bupati Muarojambi Masnah Busro untuk kooperatif dalam penanggulangan percepatan pencegahan penularan Covid-19. Selain Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, Batanghari dan Tebo merupakan daerah-daerah dengan lonjakan tertinggi kasus Covid-19 di Provinsi Jambi dalam satu pekan terakhir.

"Pandemi Covid-19 mempengaruhi aktivitas masyarakat dan perekonomian mulai dari UMKM hingga industri besar, maka dari itu perlu tindakan bersama melakukan pencegahan penularan," kata Al Haris.

Sementara itu Bupati Muarojambi Masnah Busro mengatakan Kabupaten Muaro Jambi merupakan daerah yang strategis untuk mengembangkan sektor perkebunan dan pertanian. Sehingga sektor tersebut juga dapat di kembangkan selain sektor-sektor industri yang sudah tumbuh di wilayah Muaro Jambi.

"Pemerintah Kabupaten Muarojambi akan terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam pengembangan perekonomian, begitu pula dengan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang melintasi wilayah Muarojambi," kata Masnah Busro.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments