Kamis, 19 Mei 2022

1.350 Nakes akan di Sungaipenuh Disuntik Vaksin Boster Moderna

Rabu, 18 Agustus 2021 | 11:01:56 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SUNGAIPENUH - Sebanyak 1.350 lebih Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Sungaipenuh dalam waktu dekat akan disuntik vaksin ketiga atau booster vaksin Covid-19.

Penyuntikan vaksin jenis Moderna ini sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan RI yang mewajibkan tenaga kesehatan divaksin tahap ketiga sebagai penambah daya tahan tubuh.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh, Azwarman, mengatakan, beberapa hari lalu pihaknya telah melakukan zoom meeting bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

Dalam zoom meeting itu diketahui, Provinsi Jambi masuk tahap ketiga pemberian vaksin Moderna kepada tenaga kesehatan.

“Dalam waktu dekat ini, Dinas Kesehatan Sungaipenuh akan menjemput vaksin Moderna di Laboratorium Dinkes Provinsi Jambi. Vaksin tahap ketiga ini, akan disuntikkan kepada 1.350 lebih tenaga kesehatan di Sungaipenuh,” kata Azwarman.

Dijelaskannya, pemberian vaksin tahap ketiga ini, dikarenakan banyak tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. Atas kondisi itu, maka kebijakan dari kementerian kesehatan memberikan booster kepada tenaga medis.

“Tenaga kesehatan yang bertugas menangani pasien Covid-19 memiliki resiko tinggi penularan, disebabkan bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19. Sejauh ini belum ada ketentuan dari kementerian kesehatan vaksinasi tahap ketiga ini untuk masyarakat, baru untuk tenaga kesehatan,” tegasnya.

Azwarman mengakui, saat ini pelaksanaan vaksinasi bagi warga Kota Sungaipenuh masih banyak sasaran yang belum tercapai, terutama pada kelompok remaja dan lanjut usia dikarenakan banyaknya warga banyak positif Covid-19 berdasarkan swab antigen.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments