Sabtu, 23 Oktober 2021

Wakil Ketua DPRD Merangin Berang Kualitas Proyek PT SMI Tidak Sesuai Ekspektasi

Minggu, 18 April 2021 | 09:47:19 WIB


Wakil Ketua I DPRD Merangin, Zaidan Ismail
Wakil Ketua I DPRD Merangin, Zaidan Ismail / istimewa

BANGKO – Wakil Ketua I DPRD Merangin, Zaidan Ismail dibuat berang dengan kualitas pengerjaan proyek jalan Simpang Danau Pauh-Rantau Kermas. Menurut Zaidan, kualitas proyek senilai Rp 35 miliar yang bersumber dari pinjaman dana PT. SMI itu tidak sesuai ekspektasi.

Zaidan mengatakan, proyek jalan yang dilaksanakan oleh PT. Sarang Teknik Canggih terkesan asal jadi. Ia menilai, kuantitas dan material yang digunakan tidak sesuai dengan RAB.
 
“Lihat saja kondisi jalannya, campuran aspalnya sangat sedikit. Sehingga, material terlihat tidak mengikat dan banyak celah disepanjang badan jalan,” kata Zaidan.

Dari situ, lanjutnya, bisa dilihat dengan jelas kualitas material yang digunakan. “Tidak perlu bawa peralatan khusus, cukup dilihat saja, kita sudah bisa memastikan material kelas berapa yang dipakai. Ini benar-benar mengecewakan,” tambahnya.
 
Selain mutu aspal dan material, Zaidan juga menyoroti kondisi badan jalan yang terdapat genangan air disejumlah titik.“Seharusnya, jalan itu tidak boleh ada genangan air. Kalau ada genangan air, ancaman kerusakan jalan juga semakin besar,” tuturnya.

“Ingat, sumber dana proyek ini dari pinjaman ke PT. SMI dan bukan APBD murni. Pinjaman itu akan menjadi tanggungjawab daerah hingga beberapa tahun kedepan. Bukan cuma pinjamannya saja, tapi juga bunganya. Jangan sampai, hutang belum lunas, jalan sudah rusak. Akhirnya, daerah terbebani. Sementara, jalan yang dibuat tak pula dinikmati oleh rakyat,” tegas Zaidan.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada konfirmasi dari PT. Sarang Teknik Canggih. Begitu juga dengan Bina Marga maupun Kadis PUPR Merangin. Ketika dihubungi via seluler, hanya terdengar nada tidak aktif. (*/)


Penulis: */
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments