Kamis, 19 Mei 2022

Ayah Lempar Anak ke Sungai

Videonya Viral, Pelaku Diamankan Polisi

Selasa, 07 September 2021 | 07:49:57 WIB


Tangkapan video penganiayaan yang dilakukan seorang pria warga Teluk Dawan, Kecamatan Muarasabak Barat, Kabupaten Tanjabtim terhadap anak kandungnya sendiri, Senin (6/9)
Tangkapan video penganiayaan yang dilakukan seorang pria warga Teluk Dawan, Kecamatan Muarasabak Barat, Kabupaten Tanjabtim terhadap anak kandungnya sendiri, Senin (6/9) /

MUARASABAK - Seorang ayah di Tanjung jabung Timur diamankan polisi karena tega melempar anak kandungnya sendiri ke sungai. Aksi kekerasan terhadap anak ini sempat terekam kamera video dan beredar luas di media sosial dan online.

Informasi yang dihimpun Metro Jambi, aksi kekerasan tersebut terjadi di Kelurahan Teluk Dawan, Kecamatan Muarasabak Barat. Dalam video tampak seorang bocah laki-laki berusia sekitar enam tahun sesenggukan menyandar ke pohon pinang di pinggir sungai.

Baca juga : Viral, Video Anak 9 Tahun Dipukuli dan Dilempar Ayahnya ke Pinggir Sungai

Dengan wajah ketakutan, dia meletakkan tangan di atas kepala. Tampak pula seorang lelaki dewasa memegang sandal sedang mengomeli si bocah. Lelaki itu lalu mendekat, menarik tangan sang anak, dan langsung menamparnya dengan sandal.

Suara tamparan tersebut cukup keras sehingga mengagetkan sang pengambil video yang diduga juga adalah anak-anak. Bocah kecil itu pun menangis keras.

Tak cukup menampar dengan sandal, tiba-tiba pria dewasa itu mengangkat si bocah dan melemparkannya ke arah sungai.

Tubuh kecil sang anak melayang dan jatuh di pinggir sungai yang ditumbuhi rumput. Kembali terdengar si perekam video kaget dan ketakutan. Sepertinya, salah satu di antara anak-anak yang sedang merekam itu ikut menangis keras.

Belakangan terungkap, kekerasan itu dilakukan oleh warga RT 02 Teluk Dawan pada Senin (6/9), sekitar pukul 12.00 WIB.  Polisi bergerak cepat begitu mendapat informasi soal aksi kekerasan terhadap anak-anak tersebut.

Kapolres Tanjungjabung Timur AKBP Andi Ichsan mengatakan bahwa pelaku yang melempar anaknya tersebut berinisial FN (37) dan sang anak berinisial MR (6). “Kita sedang melakukan pemeriksaan terhadap terduga pelaku kekerasan itu,” ujar Ichsan singkat, Senin (6/9).

Namun, Ichsan belum bisa menjelaskan motif dan kronologi kejadian. “Informasi sementara, dari keterangan pihak keluarga, pada saat kejadian pelaku dalam kondisi emosi,” jelasnya.

Plt Lurah Teluk Dawan Wahyu mengatakan bahwa FN merupakan ayah kandung MR, bocah yang menjadi korban kekerasan. Dia sangat prihatin dengan apa yang dilakukan warganya itu.

“Mendidik dengan edukasi akan lebih baik bila dibandingkan dengan kekerasan,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Ridwan menyatakan telah mendapat laporan soal aksi kekerasan itu. Dia juga sudah melihat videonya.

Dia sudah berkoordinasi dengan UPTD Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Jambi untuk turun ke lapangan.

Hanya saja, Ridwan belum bisa memberikan banyak keterangan karena dia juga belum mengetahui motifnya. Selain itu, pelaku juga sedang diperiksa di Polres Tanjab Timur.

“Insya Allah besok kita tahu apa tindak lanjut dan langkah yang akan kita ambil,” tutupnya.


Penulis: nng
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj



comments