Minggu, 4 Desember 2022

Nadiem Sebut Candi Muarojambi Area Prioritas Khusus untuk Destinasi Budaya

Rabu, 22 September 2021 | 19:13:13 WIB


Mendikbud Ristek Nadiem Makarim saat melakukan dialog di komplek Percandian Muarojambi, Rabu (22/9)
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim saat melakukan dialog di komplek Percandian Muarojambi, Rabu (22/9) / Metrojambi.com

 SENGETI - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim mengujungi situs perbukala Candi Muarojambi di Desa Muarojambi, Jambi, Rabu (22/9).

Dalam kunjungan tersebut Nadiem didampingi oleh Gubernur Jambi Al Haris, serta Bupati Muarojambi Masnah Busroh.

"Itu akan menjadi satu hal yang besar jika kita serius untuk merestorasinya. Ini bukan hanya tempat untuk berkunjung masyarakat Indonesia, tapi dari dunia," kata Nadiem.

Dikatakannya lagi, situs Candi Muarojambi dulunya berperan sebagai perguruan tinggi filsafat Budha, serta tempat bertemunya ragam kebudayaan.

"Inilah kampus yang berdiri ratusan lalu, dan kampus yang sudah merdeka. Artinya, murid dari India dan Cina belajar di sini untuk menekuni berbagai macam ilmu," bebernya

Kendati demikian, Nadiem, menyampikan, untuk menjadi pengembangan destinasi budaya, pendidikan dan riset Candi Muarojambi mendapatkan perhatian khususu. "Candi Muarojambi area proritas khusus untuk distinasi budaya," ujarnya

Di lokasi Candi Kedaton, Nadiem menyaksikan penandatanganan MoU antara Bupati Muarojambi dengan Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dalam hal pengembangan Candi Muarojambi.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments