Kamis, 21 Oktober 2021

Waspada Difteri, Lima Warga Jambi Terindikasi, Headline Harian Pagi Metrojambi Edisi Senin 18 Desember 2017

Petugas Kesehatan Lakukan Isolasi

Senin, 18 Desember 2017 | 10:41:59 WIB


/

JAMBI - Kasus difteri yang mewabah di Indonesia, kini mulai menjangkiti warga Jambi. Dibeberapa provinsi di Indonesia, wabah ini sudah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Di Jambi, diduga kini ada lima orang yang terjangkit wabah itu.

Samsiran Halim, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi membenarkan informasi itu. Ia menyebut, wabah difteri yang disebabkan bakteri corynebacterium diphtheriae ini, diduga sudah menjangkiti lima orang warga Jambi.

“Ya ada lima orang saat ini terindikasi terkena wabah virus Difteri. Empat orang diantaranya berasal dari kota Jambi dan satu orang dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” sebutnya.

Dari lima orang itu, jelasnya, tiga orang balita dan dua orang dewasa. “Laporan ini masuk Senin (pekan lalu). Kita mendapat laporan bahwa ada 5 kasus yang dicurigai sebagai penyakit difteri,” jelasnya.

Terhadap korban ini, jelasnya, kini sedang dirawat secara intensif di dua rumah sakit di Kota Jambi. Bahkan, sambungnya, mereka sudah melakukan tindakan yakni mengambil sampel untuk kemudian dikirim ke Kementerian Kesehatan.

"Lima orang yang diduga terjangkit itu masih dirawat dan diisolasi. Ada pasien yang meminta pulang, namun tidak kami perbolehkan karena harus diisolasi untuk menghindari  penyakit itu menular ke warga lainnya. Sebab virus itu menular dengan cepat dan berbahaya jika lambat penanganan," ujarnya.

Selengkapnya hanya di Harian Pagi Metrojambi


Penulis: shr
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments