Kamis, 21 Oktober 2021

Polres Tanjabtim Amankan Pompong Bermuatan BBM Ilegal

Rabu, 20 Desember 2017 | 09:53:08 WIB


Anggota Satpolair Polres Tanjabtim saat memeriksa barang bukti BBM diduga ilegal
Anggota Satpolair Polres Tanjabtim saat memeriksa barang bukti BBM diduga ilegal / Humas Polda Jambi

JAMBI – Sebuah pompong yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, Senin (18/12/2017) malam sekira pukul 20.00 WIB, diamankan anggota Unit Gakkum Satpolair Polres Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Pompon tersebut diamankan karena BBM yang diangkut diduga ilegal.

Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi, mengatakan pompon tersebut diamankan di perairan Sungai Batanghari, tepatnya di Sabak Indah, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjabtim. Dikatakan Kuswahyudi, seoang pelaku juga ikut diamankan, yakni Afrizal bin Abdul Gani (35), warga Kabupaten Tanjabtim.

Sementara itu, barang bukti yang diamankan yakni 8 drum dan 7 jerigen berisi BBM jenis premium tanpa dokumen. “Saat ini pelaku beserta barang bukti diamankan di Mako Polair Tanjabtim guna proses lebih lanjut,” ujar Kuswahyudi, Rabu (20/12/2017).

Diterangkan Kuswahyudi, diamankannya pompon tersebut bermula sekira pukul 19.00 WIB, saat personel Satpolair Polres Tanjabtim mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada 1 unit pompong yang membawa muatan berisikan BBM di perairan Sungai Batanghari Sabak Indah.

Informasi itu lantas ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan ke lapangan. Sesampainya di lokasi, anggota Satpolari Polres Tanjabtim menemukan pompon yang dimaksud dan langsung diamankan.

“Terkait kasus ini pelaku dikenakan pasal 53 huruf b Undang-Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi,” pungkas Kuswahyudi.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments