Kamis, 21 Oktober 2021

Belasan Anak di Bungo Ajukan Dispensasi Nikah

Senin, 26 Juli 2021 | 08:36:22 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 MUARABUNGO - Belasan anak remaja yang tergolong masih di bawah umur melakukan pengajuan dispensasi menikah ke Pengadilan Agama Bungo sepanjang tahun 2021.

Berbagai faktor menjadi alasan anak-anak remaja tersebut mengajukan permohonan nikah ke Pengadilan Agama Bungo. Mulai dari adanya hubungan yang sudah terlalu dekat, putus sekolah, bahkan hamil di luar nikah.

Ketua Pengadilan Agama Muara Bungo melalui Hakim PA Bungo Dania Alifia ketika dikonfirmasi menyebutkan, belasan anak tersebut saat ini sudah melangsungkan pernikahan di KUA dimana dia tinggal. "Tahun 2021 ini ada 12 perkara yang kami tangani," kata Dania Alifia.

Menurutnya, data tersebut memang lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, pengajuan dispensasi nikah mencapai 19 orang. "Tapi sekarang baru setengah tahun. Kita belum tahu kedepannya seperti apa," kata Fia.

Dijelaskannya, permohonan dispensasi nikah ini merupakan hal yang wajib bagi masyarakat yang hendak menikah tetapi belum cukup umur. Surat dispensasi nikah ini sebagai syarat untuk diterbitkannya buku nikah.

Menurut Fia, rata-rata yang mengajukan dispensasi nikah ini merupakan calon pengantin wanita. Usianya sekitar 16 hingga 18 tahun, sementara syarat nikah itu sudah 19 tahun.

"Sudah lulus sekolah bingung mau ngapain, maka nikah. Ada juga yang mengajukan dispensari karena hamil di luar nikah," tutupnya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments