Minggu, 27 November 2022

Pemprov Jambi Rancang Pelaksanaan Pekan Budaya Daerah Secara Reguler

Sabtu, 25 September 2021 | 08:29:20 WIB


Gubernur Jambi Al Haris bersama seniman-seniman Jambi pada pembukaan festival seni tradisi sebelas kabupaten dan kota dalam pekan kebudayaan daerah tahun 2021 di Taman Budaya Jambi, Jumat (24/9/2021)
Gubernur Jambi Al Haris bersama seniman-seniman Jambi pada pembukaan festival seni tradisi sebelas kabupaten dan kota dalam pekan kebudayaan daerah tahun 2021 di Taman Budaya Jambi, Jumat (24/9/2021) / ANTARA/Muhamad Hanapi

 JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi merancang pelaksanaan pekan budaya daerah secara reguler setiap bulan untuk sebelas kabupaten dan kota yang ada di wilayahnya.

"Kita sedang merancang eks arena MTQ untuk dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan pekan budaya daerah, sebelas kabupaten dan kota," kata Gubernur Jambi Al Haris, Jumat (24/9), saat membuka festival seni tradisi 11 kabupaten dan kota.

Menurut dia, pemerintah provinsi berencana membangun rumah adat dari setiap kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Jambi serta menggelar pekan budaya daerah setiap bulan di bekas arena MTQ.

"Dalam satu tahun ada 12 bulan, sehingga pas waktunya sebelas bulan untuk kabupaten dan kota melaksanakan pekan budaya dan di akhir tahun akan dilaksanakan pekan budaya daerah oleh Pemerintah Provinsi Jambi," kata Al Haris.

Upaya tersebut ditujukan untuk melestarikan seni dan budaya yang ada di setiap daerah di Provinsi Jambi serta mengembangkan potensi pariwisata seni dan budaya di Provinsi Jambi.

Al Haris menjelaskan bahwa Provinsi Jambi memiliki banyak aset seni dan budaya dan kekayaan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan sektor usaha pariwisata.

"Wisata yang tidak dikemas dengan seni budaya akan terasa hambar, maka dari itu kita akan mengemas wisata di Provinsi Jambi dengan kesenian, kebudayaan, dan kearifan lokal masyarakat Jambi," kata Al Haris.

Saat membuka festival seni tradisi sebelas kabupaten dan kota dalam pekan kebudayaan daerah tahun 2021, Al Haris mengapresiasi seniman-seniman Jambi yang masih eksis di usia yang tidak lagi muda.

Dia juga memberikan penghargaan kepada seniman yang telah mendedikasikan karyanya untuk Provinsi Jambi, termasuk pencipta lagu daerah Jambi dan pembuat motif batik Jambi.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments