Kamis, 18 Agustus 2022

Satgas TMMD Edukasi Masyarakat, Sebagai Upaya Cegah Covid-19

Selasa, 05 Oktober 2021 | 20:50:21 WIB


Penyuluhan kesehatan yang digelar Satgas TMMD dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo
Penyuluhan kesehatan yang digelar Satgas TMMD dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo / istimewa

TEBO - Keberadaan Satgas TMMD ke-112 Kodim 0416/Bungo Tebo di Desa Kunangan dan RT 17 Simpang Semangko, Kelurahan Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, sangat berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa.

Selain mengerjakan kegiatan fisik, Satgas TMMD di daerah tersebut juga melaksanakan kegiatan non fisik, berupa penyuluhan kesehatan.

Dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Tebo, Satgas TMMD menggelar penyuluhan kesehatan bagi masyarakat di aula kantor Camat Tebo Ilir, Selasa (05/10/2021).

Pemateri dari Dinkes Tebo, Nurlie Azwar SST, MKM  mengatakan, dua materi yang disampaikan yakni penyuluhan pelayanan kesehatan dan percepatan penanganan wabah Covid-19 di Kecamatan Tebo Ilir.

"Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan program non fisik TMMD, yang bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk sebagai upaya pencegahan pandemi Covid-19," katanya.

Sementara itu, Dansatgas TMMD Letkol Inf Arianto Maskare Subagio mengatakan, penyuluhan ini dilakukan sebagai upaya memberi pemahaman kepada msyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan apalagi di masa pandemi.

Hal ini juga sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, sosialisasi ini dilaksanakan atas dasar kepedulian terhadap sesama dan rasa kekeluargaan yang terjalin selama ini antara personel Satgas dengan warga.

Ia juga berharap penyuluhan yang disampaikan dapat bermanfaat di tengah pandemi Covid-19 dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Seperti menggunakan masker, tutup mulut dan hidung ketika batuk, mencuci tangan dengan air mengalir juga sabun, menjaga jarak, menghidari kerumunan dan mengurangi mobilitas jika tidak ada keperluan yang mendesak,“ ujarnya.(*)


Penulis: Bar
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments