Jumat, 27 Mei 2022

Seluruh Wilayah Jambi Sudah Memasuki Musim Hujan

Jumat, 08 Oktober 2021 | 08:49:25 WIB


Peta prakiraan awal musim hujan 2021/2022 yang diakses Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Thaha Jambi, Kamis (7/10/2021)
Peta prakiraan awal musim hujan 2021/2022 yang diakses Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Thaha Jambi, Kamis (7/10/2021) / FOTO ANTARA//HO-BMKG Jambi

 JAMBI - Berdasarkan hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Thaha Jambi, seluruh wilayah di Provinsi Jambi sudah memasuki awal musim penghujan.

"Berdasarkan hasil monitoring, seluruh wilayah di Provinsi Jambi sudah memasuki awal musim penghujan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Sultan Thaha Jambi Annisa Fauziah, Jumat (8/10).

Musim penghujan di Provinsi jambi diprakirakan terjadi hingga bulan April tahun 2022. Kemudian pada bulan Mei dan Juni merupakan peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Ia menjelaskan terjadi perubahan masuknya awal musim hujan di wilayah Provinsi Jambi pada tahun 2021. Dimana pada tahun ini masuknya awal musim hujan lebih cepat satu dasarian di bandingkan masuknya awal musim hujan pada tahun-tahun sebelumnya.

BMKG mengimbau agar masyarakat untuk waspada mengingat terdapat potensi hujan dengan intensitas tinggi yang di sertai dengan angin kencang dan petir pada awal musim penghujan.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada karena potensi hujan lebat yang di sertai angin kencang dan petir dapat terjadi pada awal musim hujan ini," katanya.

Sementara itu secara umum di perairan timur Jambi ketinggian gelombang dalam kategori rendah hingga sedang. Ketinggian gelombang dalam kisaran 0,1 meter sampai dengan 1,25 meter.

Namun perlu diwaspadai ketika cuaca buruk terjadi di laut. Adanya awan Cumulonimbus dapat mengakibatkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

"Adanya angin kencang secara tiba-tiba ini dapat meningkatkan ketinggian gelombang, sehingga untuk nelayan di himbau berhati-hati ketika melaut dan ada potensi cuaca buruk," demikian Annisa Fauziah.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments