Selasa, 30 November 2021

SD 47 Kota Jambi Evaluasi Penerapan FDS

Selasa, 06 Februari 2018 | 11:58:30 WIB


Kepala SDN 47 Kota Jambi, Ansori, SPd MPd
Kepala SDN 47 Kota Jambi, Ansori, SPd MPd / Jainal Abidin

JAMBI- Penerapan Full Day School di SD Negeri 47 Kota Jambi telah berjalan selama 6 bulan atau satu semester, dari evalusi yang di laksanakan sekolah belum lama ini. Pelaksanaan sejauh ini berjalan dengan baik dan tanpa kendala sesuai yang direncanakan sebelumnya.

Namun tidak semua kegiatan siswa dapat berjalan maksimal, karena masih terkendala kekurangan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, sehingga dalam kegiatannya siswa melakukannya bergantian atau mengunakan fasilitas lain sehingga hasilnya tidak maksimal. Hal ini dibenarkan Kepala SD Negeri 47, Ansori, Senin (5/2).

Kegiatan siswa selama mengikuti Full Day School dirasakan kendalanya seperti mengikuti kegiatan ibadah Salat Zuhur, karena musala sekolah saat ini kondisinya tidak bisa menampung jumlah siswa yang lebih 1000 dan perlu dilakukan pelebaran untuk menampung semua siswa.
"Jadi mereka gantian shalatnya dengan teman yang lain," katanya.

Selain itu kendala yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan olahraga pada siang hari, prasarana olahraga indoor sangat dibutuhkan siswa ketika mengikuti olahraga, sehingga tidak melaksanakan olahraga diterik panasnya matahari di halaman sekolah.

"Kasihan anaknya olahraga bukannya sehat, malah kepanasan," paparnya.Dia mengatakan, bekal siswa untuk makan siang juga sejauh ini tidak bisa dikontrol dengan baik, sehingga siswa membeli makanan dari pedagang diluar lingkungan sekolah yang tidak bisa dijamin kesehatan dan keamanan bagi tubuh manusia.

"Terutama siswa yang sulit makan, mereka hobi jajan sembarangan," imbuhnya.

Sehingga nantinya pihaknya akan melakukan evaluasi kembali program Full Day School yang diterapkan sekolah, program yang telah dijalankan berjalan baik dan maksimal.

Sedangkan untuk program sekolah lainnya dirinya menilai tidak ada masalah, karena koordinasi sekolah dan orangtua berjalan baik, serta peran serta guru dalam mendampingi siswa.

" Makanya pertemuan rutin dengan orangtua sering kita lakukan, sehingga mereka dapat mendukung program yang dilakukan sekolah," jelasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments