Selasa, 24 Mei 2022

Pengelola Informasi di Jambi Agar Proaktif Lakukan Pembaruan Informasi

Senin, 15 November 2021 | 16:18:06 WIB


Sabri Yanto , Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Provinsi Jambi
Sabri Yanto , Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Provinsi Jambi / ANTARA/HO-Diskominfo

JAMBI - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jambi mengingatkan para pengelola informasi publik di daerah itu untuk lebih proaktif melakukan pembaruan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

"Organisasi perangkat daerah di kabupaten/kota di Jambi hendaknya dapat memahami pentingnya penyediaan informasi publik secara berkelanjutan," kata Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Provinsi Jambi Sabri Yanto di Jambi, Senin (15/11).

Ia mengingatkan agar admin Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dapat mengunggah informasi publik serta menanggapi permohonan informasi secara berkelanjutan.

Secara khusus Dinas Kominfo Provinsi Jambi menyelenggarakan Forum Group Discussion Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kayu Aro Kabupaten Kerinci yang diikuti oleh pejabat PPID Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

FGD tersebut merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Provinsi Jambi untuk mendorong seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut Sabri Yanto pertemuan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para admin dalam memahami pentingnya keterbukaan informasi publik.

"Jangan sampai Web PPID dibuka seminggu sekali, karena tugas pengelolaan informasi publik ini sifatnya kontinuitas atau rutin. Dengan begitu, informasi yang ada di web telah tersedia," katanya.

Ia tidak memungkiri, fakta yang terjadi di lapangan adalah masih ada kabupaten dan kota yang belum melaksanakan perintah undang-undang.

"Jika kita lihat, kabupaten/kota masih banyak yang tidak menyediakan informasi yang wajib diumumkan dan disediakan sebagaimana perintah dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," katanya menambahkan.

Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Provinsi Jambi Sabri Yanto saat memberikan paparannya pada FGD di Kabupaten Kerinci.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments