Kamis, 19 Mei 2022

Hakim Minta Hadirkan Ketua KPU Tanjab Timur yang Masuk DPO

Kuasa Hukum: Praperadilan Nurkholis Terancam Gugur

Rabu, 17 November 2021 | 07:23:23 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

MUARASABAK - Sidang praperadilan kasus korupsi dana hibah APBD 2020 di Pengadilan Negeri Muarasabak kembali digelar, Selasa (16/11), dengan dua agenda. Salah satu agendanya adalah sidang praperadilan tersangka Nurkholis, Ketua KPU Tanjab Timur.

Sidang praperadilan dipimpin Esa Pratama Putra Daeli. Kuasa hukum KPU Tanjabtim, Tengku Ardiansyah, mengatakan bahwa hakim meminta Nurkholis selaku pemohon hadir dalam persidangan berikutnya.

Baca juga : Keberadaan Ketua KPU Masih Misterius, Kejari Siapkan Surat Penetapan DPO

Namun, termohon menyatakan bahwa Nurkholis masuk daftar pencarian orang (DPO) alias buron Kejari Tanjabtim.

Baca juga : Sekretaris dan Bendahara KPU Tanjabtim Ditahan, Dua Tersangka Lain Belum Ditemukan

“Sampai saat ini kami selaku kuasa hukum belum menerima pemberitahuan klien kami ini masuk DPO. Kami baru tahu di persidangan,” kata Tengku yang dihubungi via ponsel, Selasa (16/11).

Menurut Tengku, hakim juga menganggap belum ada penetapan DPO untuk pemohon. Oleh sebab itu, hakim meminta jawaban dan kepastian apakah Nurkholis masuk DPO atau belum.

“Hakim meminta Nurkholis hadir dalam sidang pada Jumat (19/11) mendatang,” jelas Tengku. Atas permintaan itu, tim kuasa hukum akan berkoordinasi dengan pihak keluarga.

Baca juga : KPU Tanjabtim Melawan, Ajukan Praperadilan

“Sebab, meski lawyers, kami juga tidak dapat kontak dengan beliau (Nurkholis, red). Jika pada sidang berikutnya pemohon tidak hadir, maka praperadilan berkemungkinan akan digugurkan,” beber Tengku.


Penulis: nng/ria
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj



comments